Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BNPB Cek Penerapan Prokes di Sejumlah Rest Area Saat Arus Balik

Pemantauan itu khususnya dalam penerapan protokol kesehatan di rest area KM 101 B tol Cikampek-Palimanan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Erik S
zoom-in BNPB Cek Penerapan Prokes di Sejumlah Rest Area Saat Arus Balik
Humas BNPB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Pencegahan mendukung operasi pemantauan arus balik Idul Fitri 1443 H dalam penerapan protokol kesehatan di Rest Area KM 101 B Cikampek-Palimanan (Cipali), KM 88 Purbaleunyi dan KM 62 B Cikampek pada Kamis (5/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kedeputian Bidang Pencegahan terus mendukung operasi pemantauan arus balik Idul Fitri 1443 H.

Pemantauan itu khususnya dalam penerapan protokol kesehatan di rest area KM 101 B tol Cikampek-Palimanan (Cipali), KM 88 Purbaleunyi dan KM 62 B Cikampek pada Kamis (5/5/2022).

Hal tersebut dilakukan demi menciptakan mudik aman dan sehat dari covid-19 yang masih melanda wilayah Indonesia hingga saat ini.

Deputi Bidang Pencegahan Prasinta Dewi dalam peninjauan operasi pantauan arus balik di tiga titik lokasi rest area di Provinsi Jawa Barat melihat bahwa pelaksanaan penerapan protokol kesehatan para pelaku perjalanan darat arus balik berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Cara Cek CCTV Jalan Tol Trans Jawa untuk Pantau Perjalanan Arus Balik Lebaran 2022

Dalam pelaksanaannya, petugas gabungan pos pantau yang berjaga rutin memberikan imbauan kepada para pelaku perjalanan untuk tetap melaksanakan 3M, selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Imbauan tersebut dilakukan melalui pengeras suara, pamflet maupun spanduk tertulis yang dipasang di lokasi strategis di tempat istirahat.

BERITA REKOMENDASI

Di samping itu, petugas yang berasal dari BPBD Provinsi Jawa Barat, BPBD Kabupaten Karawang, BPBD Kabupaten Subang, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dinas Perhubungan, PMI, Orari, RAPI, Pramuka dan relawan terkait juga membagikan masker kepada pemudik maupun pedagang di lokasi rest area.

“Dukungan pos pemantauan arus balik dan pelaksanaan penerapan prokes bagi para pelaku perjalanan darat berjalan baik dan lancar,” kata Prasinta dalam keterangan resmi Humas BNPB pada Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Panglima TNI Tekankan Tugaskan Prajurit Terlatih Dalam Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia

Pada kesempatan itu, Prasinta memberikan apresiasi kepada seluruh petugas yang telah mendedikasikan waktu tenaga dan pikiran demi terjaganya protokol kesehatan di tengah arus balik yang mulai dilakukan oleh pelaku perjalanan.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh petugas demi terciptanya mudik yang aman dan sehat dengan terus mengingatkan kepada para pelaku perjalanan agar tetap patuh prokes,” kata Prasinta.

Menutup giat peninjauan, Prasinta juga berharap bahwa bentuk kolaborasi dalam penanggulangan bencana non alam dapat selalu terjalin dengan baik sejak sebelum, saat, maupun pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi setelah terjadi bencana, termasuk di dalamnya seperti pemantauan prokes arus mudik-balik pada Idulfitri tahun ini.

Baca juga: Sepeda Listrik, Pilihan Alternatif Transportasi Nikmati Kawasan Area Pantai Ancol

"Harapannya bahwa kolaborasi dalam penanggulangan bencana akan selalu terjalin baik pada saat sebelum terjadi bencana, darurat bencana dan pascabencana,” kata Prasinta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas