Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri: 500 Ribu Lebih Kendaraan Masuk Melintas Arah Jakarta

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung persiapan petugas dalam menghadapi arus balik

Editor: Erik S
zoom-in Kapolri: 500 Ribu Lebih Kendaraan Masuk Melintas Arah Jakarta
Tribunnews/Fandi Permana
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers pemantauan arus balik di Posko Terpadu Tol Cikampek KM 3+500, Jumat (6/5/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung persiapan petugas dalam menghadapi arus balik Lebaran 2022.

Mantan Kabareskrim Polri itu meninjau pos pengamanan di KM 3+500 Tol Cawang arah Cikampek. Sigit menyebut hingga kini ratusan ribu kendaraan telan melintas mengarah ke Jakarta dan akan terus ada peningkatan.

"Baru saja kita memonitoring terkait perkembangan arus balik tadi siang jam 14.00 telah diberlakukan one way di Kalikangkung mengarah ke Jakarta km 47," kata Sigit di Pospam 3+500 Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (6/5/2022).

Sigit menuturkan, hasil monitoring pihaknya kendaraan mulai berangsur masuk di KM 70 menuju KM 47 Cikampek saat diberlakukan one way.

Baca juga: One Way Arus Balik Menuju Jakarta: 57.928 Kendaraan Melintasi GT Cikampek Utama

Sedangkan dari KM 47 menuju KM 28 diberlakukan contraflow atau sistem lawan arah.

"Dari proses perjalanan one way maka kita liat kepala one way sudah masuk di KM 70 kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam. Kemudian kita liat dari mulai km 70 ke km 47 diberlakukan one way dan kemudian 47 sampai 28 diberlakukan contraflow," jelas Sigit.

BERITA REKOMENDASI

Sigit menambahkan bahwa perjalanan arus balik one way pada yang diberlakukan pukul 14.00 WIB berlangsung lancar. Ia mengatakan jumlah kendaraan saat arus balik cenderung meningkat dalam kurun waktu dua jam.

"Kita lihat tadi seluruh perjalanan lancar dan kenapa sejak pukul 14.00 tadi dilaksanakan one way karena dari barometer yang ada angka kepadatan sudah mulai meningkat. Angka tersebut di atas 3.700 bahkan di dua jam di atas 5 ribu sehingga mau tidak mau one way terus dilakukan," tuturnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat ratusan ribu kendaraan mulai mengarah ke Jakarta lewat tol. Arus kendaraan lewat tol, menurut Jenderal Sigit akan terus meningkat saat puncak arus balik.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Siaga Antisipasi Arus Balik Lebaran Idulfitri 2022

"Dari data yang ada sampai saat ini ada kurang lebih ada 549 ribu kendaraan yang melintas masuk ke arah Jakarta artinya masih ada kurang lebih 1,7 juta yang melalui tol. Masih ada kurang lebih 480.833 yang melalui arteri tentunya peningkatan arus akan terus terjadi," imbuhnya.

Dalam peninjauannya, Sigit turut didampingi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Karo Penmas Brigjen Ahmad Ramadhan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas