Tribun

Kunjungi Vietnam, Prabowo Ziarah ke Makam Ho Chi Minh Hingga Tonton Laga Tim Pencak Silat Indonesia

Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Nasional Republik Sosialis Vietnam Jenderal Phan Văn Giang, di Hanoi, Jumat (13/5/2022)

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kunjungi Vietnam, Prabowo Ziarah ke Makam Ho Chi Minh Hingga Tonton Laga Tim Pencak Silat Indonesia
Dokumen Pribadi Menhan RI Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat berziarah ke makam Ho Chi Minh di Vietnam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengawali rangkaian kunjungan kerjanya ke Vietnam, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Nasional Republik Sosialis Vietnam Jenderal Phan Văn Giang, di Hanoi, Jumat (13/5/2022).

Prabowo diterima hangat dengan upacara jajar kehormatan.

Pertemuan bilateral tingkat menteri itu sangat penting bagi kedua negara untuk berkomunikasi dalam rangka meningkatkan kerja sama pertahanan yang telah terjalin baik selama ini.

“Saya melihat masih banyak ruang yang bisa dijajaki, terutama membangun rasa saling percaya sesama negara ASEAN dan meningkatkan kerja sama angkatan bersenjata serta pengembangan sektor industri pertahanan kedua negara,” kata Prabowo di laman resmi Kementerian Pertahanan, kemhan.go.id, dikutip pada Minggu (15/5/2022).

Prabowo berharap kedua negara dapat saling bertukar pandangan dan pengalaman meliputi kerja sama pertahanan, isu regional maupun Internasional untuk mendukung kepentingan nasional Indonesia dan Vietnam sebagai negara sahabat yang sama-sama pernah melawan imperialisme.

Baca juga: Pengamat Menilai Prabowo-Puan Pasangan Paling Ideal & Paling Rasional dengan Keinginan Jokowi

Pada hari yang sama Prabowo diterima dengan hangat oleh Presiden Republik Sosialis Vietnam YM Nguyễn Xuân Phúc di Kantor Presiden Vietnam, Hanoi.

Prabowo menyatakan Indonesia dan Vietnam memiliki potensi untuk bekerja sama dalam industri pertahanan.

Terlebih, kata dia, industri pertahanan Indonesia saat ini memiliki kemampuan untuk mendukung pemenuhan alutsista dalam negeri dan juga memenuhi pesanan dari luar negeri.

“Kerja sama industri pertahanan diharapkan tidak hanya sebatas misi jual beli, tetapi dapat menggali potensi kedua negara melakukan Joint Production di masa mendatang,” kata Prabowo.

Prabowo optimistis dengan semua upaya peningkatan hubungan kerja sama maupun persahabatan antara Indonesia dan Vietnam dapat terus berjalan baik, berdasarkan semangat persaudaraan serta prinsip saling menghormati.

Baca juga: Atlet Pencak Silat Sabet Emas di SEA Games, Puan: Selamat kepada Tim Indonesia dan Pak Prabowo

Hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam telah terjalin sejak 30 Desember 1955.

Hal tersebut ditandai dengan dibukanya Konsulat RI di Hanoi dan kerja sama yang terus berkembang, baik dalam kerangka bilateral maupun ASEAN dan Internasional.

Terkait bidang pertahanan, Indonesia dan Vietnam telah memiliki Perjanjian Kerja sama yang ditandatangani pada 27 Oktober 2010 serta disahkan Indonesia berdasarkan Undang-Undang Tahun 2016.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas