Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri: Bidang Produksi, Logistik hingga SDM

Berikut adalah prospek kerja bagi lulusan Teknik Industri (TI). Mulai dari bidang produksi, pemasara, logistik hingga SDM.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Daryono
zoom-in Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri: Bidang Produksi, Logistik hingga SDM
SURYA/SURYA/HABIBUR ROHMAN
Ilustrasi - Tas Prototype bermerk Moba yang bisa dipecah menjadi empat bagian dan gagangnya juga bisa difungsikan sebagai tongsis (tongkat narsis) karya empat mahasiswa Ubaya Jurusan Teknik Industri dan desain manajemen produk, Rabu (19/11/2014). Karya yang kedepan juga memiliki fungsi charger melalui gerak tubuh ini berhasil menjuarai lomba Chronics 2014 se Asean. SURYA/HABIBUR ROHMAN Berikut adalah prospek kerja bagi lulusan Teknik Industri (TI). Mulai dari bidang produksi, pemasara, logistik hingga SDM. 

TRIBUNNEWS.COM - Teknik industri merupakan bagian dari ilmu teknik yang mempelajari bidang desain, perbaikan, dan penggunaan dari sistem integral yang terdiri dari unsur-unsur manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan serta energi.

Dalam program studi Teknik Industri (TI), mahasiswa mempelajari pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan ketrampilan yang tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan (design).

Namun obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain, melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Psikolog Forensik hingga Pendidik Kesehatan

Dasar-dasar keilmuan dari teknik industri sendiri adalah bersifat multidisiplin atau lintas bidang, hal ini disebabkan teknik industri tidak melulu bertumpu pada ilmu matematika atau fisika saja, namun juga ilmu sosial serta manajemen.

Dalam TI juga belajar ilmu-ilmu manajemen dan ilmu sosial, seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, ekonomi, akuntansi biaya, dan psikologi industri.

Ilmu-ilmu ini diperlukan dalam rangka melakukan perancangan sistem integral.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

BERITA REKOMENDASI

Seorang alumni Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas, berikut Tribunnews.com rangkum dari el.iti.ac.id dan itb.ac.id yakni

1. Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu

Lulusan TI sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas.

Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.

2. Bidang sistem informasi

Posisi yang biasanya diduduki lulusan TI misalnya staf IT, staf dalam pemasangan sistem informasi, bahkan banyak alumni yang membuka usaha di bidang software house.

Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas