Tribun

Pemilu 2024

Respons Ketua Umum Projo soal Pidato Jokowi Minta Relawan Ojo Kesusu Tentukan Capres 2024

Ketua umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi menanggapi soal pidato Presiden Joko Widodo yang meminta relawan pendukungnya tidak tergesa pilih Capres.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Inza Maliana
zoom-in Respons Ketua Umum Projo soal Pidato Jokowi Minta Relawan Ojo Kesusu Tentukan Capres 2024
KOMPAS.COM/IKA FITRIANA
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Relawan Pro Jokowi (Projo) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menanggapi soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta relawan pendukungnya untuk ojo kesusu atau tidak tergesa-gesa menentukan pilihan calon presiden (Capres) 2024.

Pidato Jokowi yang disampaikan dalam Rakernas V Projo pada Sabtu (21/5/2022) pun dinilai agar relawan Jokowi lebih mengutamakan permasalahan negara yang sedang dihadapi.

Menurutnya, saat ini pemerintah tengah menghadapi permasalahan ekonomi yang perlu segera ditangani.

Untuk itu, relawan Projo akan patuh terhadap apa yang diperintahkan Jokowi.

Baca juga: Pengamat Nilai Kecemasan PDIP Terhadap Koalisi Indonesia Bersatu Jadi Sinyal Khusus bagi Koalisi

"Pidato Pak Jokowi kan poin pertama bagaimana dinamika global, kedua bagaimana harga-harga yang harus dijaga, dan ketiga baru soal politik."

"Muncul kata ojo kesusu karena konsentrasi negara atau pemerintahan sedang menghadapi dinamika global dan kondisi ekonomi masyarakat, termasuk harga kebutuhan pokok," ucap Budi, dikutip Tribunnews.com dari tayangan di kanal YouTube tvOneNews, Senin (23/5/2022).

Barulah yang ketiga, lanjut Budi, bagaimana merumuskan langkah-langkah politik, sehingga munculah kata-kata ojo kesusu atau jangan tergesa-gesa itu.

Budi menyebut, saat ini konsentrasi pemerintahan Jokowi-Maruf Amin bagaimana mengatasi kondisi ekonomi sosial masyarakat.

Jokowi menghadiri Rakernas V Projo di Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022)
Jokowi menghadiri Rakernas V Projo di Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022) (Tribunnews.com/Istimewa)

Budi juga menyatakan, para relawan Projo akan bersabar dalam menentukan arah dukungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Yang pasti Projo itu tunduk, tegak lurus pada perintah dan komando Pak Jokowi.Kita akan mendukung calon yang disetujui dan diperintahkan oleh Pak Jokowi kepada kami, karena kami tegak lurus dengan Pak Jokowi," kata Budi.

"Bagi kami kepemimpinan politik nasional harus dimaknai sebagai kita mencari pemimpin yang betul-betul mau menjalankan agenda masyarakat," imbuhnya. 

Baca juga: Sekjen PDIP Singgung Santernya Kabar Sejumlah Menteri Jokowi Bakal Maju di Pilpres 2024

Sementara itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya sangat setuju dengan apa yang dikatakan Jokowi.

Pasalnya, Jokowi mengatakan "Ojo kesusu (jangan terburu-buru)" dalam pemilihan bakal Calon Presiden 2024 mendatang.

"Apa yang disampaikan Jokowi agar kita tidak boleh tergesa-gesa dan melihat momentum yang tepat terkait dengan siapa yang akan dicalonkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024, sangatlah tepat."

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas