Tribun

Lewat UMKM Halal HUB, Sumenep Disebut Siap Bawa Produk Lokal Mendunia

Pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Sumenep mencanangkan Sumenep UMKM Halal Hub.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Lewat UMKM Halal HUB, Sumenep Disebut Siap Bawa Produk Lokal Mendunia
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam acara peresmian Sumenep UMKM Halal Hub, Selasa (24/5/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Sumenep mencanangkan Sumenep UMKM Halal Hub.

Kerjasama tersebut dibangun sebagai strategi kerja sama dengan program Global Halal Hub, sebuah gerakan nasional yang telah digulirkan Wakil Presiden Maruf Amin.

Ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan mengakselerasi pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global.

Diketahui, tujuan tersebut nantinya akan didorong Goorita serta PDEkspor secara umum.

Goorita melihat potensi produk perikanan, pertanian, dan peternakan yang dihasilkan UMKM di Sumenep dapat dioptimalkan sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kepala Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi produk UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumenep yang tidak kalah dibandingkan daerah lain.

Baca juga: Kemendag Apresiasi Inisiatif Korporasi Bantu UMKM Demi Percepat Transformasi Digital

Bahkan, Sumenep juga terkenal sebagai sentra pengrajin keris terbesar di Indonesia yang sudah bisa diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand.

Tentunya kerajinan keris tersebut sebagai industri kreatif berbasis tradisional dan budaya yang perlu didukung dengan perhatian khusus.

"Saya memberikan apresiasi pelaku UMKM karena produk ekonomi kreatif Sumenep tidak kalah dibandingkan daerah lain serta  produknya benar-benar kualitasnya sudah mendunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai menghadiri peresmian Sumenep UMKM Halal Hub dikutip dari keterangan yang diterima, Selasa (24/5/2022).

Menurut dia, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu harus terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi guna meningkatkan kualitas produknya.

Baca juga: Kerja Sama dengan Ekosistem Digital Dorong Percepatan UMKM Onboarding

Sandi menyebut pencanangan Sumenep UMKM Halal Hub ini bukan hanya seremonial semata.

Sandi menyebut ini merupakan program berkesinambungan yang dapat mensejahterakan warga Sumenep dan memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia sebagai bagian dari Gerakan Nasional Sinergisitas Indonesia Menuju Produsen Produk Halal Dunia 2024 yang dicanangkan di pusat ekosistem GHH, Kota Tangerang, Banten pada 27 Januari 2022 lalu

Adapun fasilitasi yang telah dan akan dikembangkan untuk mendukung tujuan tersebut yaitu dengan membangun UMKM Halal Hub yang terdiri dari ruang workshop pembinaan, ruang konsultasi UMKM, ruang sinergi antar dinas, serta ruang paguyuban UMKM dan logistik hub.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas