Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jemaah Haji Tahun Ini Dapat Menu Rendang, Diantar Pagi ke Hotel oleh 13 Perusahaan Katering

Pada ibadah haji tahun 2022 ini pemerintah Indonesia memberikan jatah makan tiga kali sehari untuk para jemaah haji, salah satunya menu rendang

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jemaah Haji Tahun Ini Dapat Menu Rendang, Diantar Pagi ke Hotel oleh 13 Perusahaan Katering
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PELEPASAN JEMAAH HAJI - Pj Gubernur Banten, Al Muktabar didampingi Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang, H Sachrudin serta forkopimda melepas keberangkatan jamaah calon haji kloter pertama Provinsi Banten asal Kota Tangerang di areal Masjid Raya Al Azhom, Sabtu (4/6/2022). Dari kuota 878 orang, sebanyak 393 orang jamaah ini diantar untuk menjalani karantina di Asrama Haji Pondok Gede dan selanjutnya diterbangkan ke tanah suci Mekkah, melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 5 Juni dan akan kembali pulang ke tanah air pada 16 Juni mendatang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebutuhan konsumsi menjadi sangat penting bagi para jemaah haji Indonesia yang berada di Arab Saudi. Makanan bisa membuat fisik menjadi kuat dan calon jemaah haji tetap sehat.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini pemerintah Indonesia memberikan jatah makan tiga kali sehari untuk para jemaah haji dengan menu sesuai dengan cita rasa lidah nusantara, salah satunya adalah rendang.

"Kalau rendang itu kan sudah jadi ciri khasnya gitu kan. Jadi setiap tahunnya pasti ada," ujar Koki Katering Haji, Muhammad Efendi, Rabu (8/6/2022).

Efendi mengatakan menu masakan bagi para jemaah haji diupayakan tetap mempertahankan cita rasa Indonesia. Makanan yang disajikan dalam kemasan bersegel ini diharapkan bisa menambah nafsu makan para jemaah haji.

Di masa lalu kerap terdengar keluhan dari para jemaah haji mereka kecewa dengan makanan yang disajikan oleh pihak katering. Yang dipermasalahkan biasanya adalah soal perbedaan cita rasa atau menu makanan yang kurang disukai para jemaah haji.

Sebab, koki dari perusahaan katering yang memasak makanan bagi para jemaah haji di masa lalu bukan orang Indonesia, sehingga kerap terjadi perbedaan rasa yang jauh dalam menu makanan yang disajikan.

Tahun ini, ada 13 perusahaan katering yang ditunjuk Panita Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang menangani proses masak bagi para jemaah haji. Salah satu yang dilibatkan adalah Al Ahmadi.

BERITA REKOMENDASI

Proses memasak makanan bagi para jemaah haji dimulai sejak pukul 01.00. Seluruh bahan dipersiapkan di bawah arahan Efendi.

Setelah selesai, seluruh menu makanan dikemas dalam wadah bersegel, dan kemudian diantar ke penginapan jemaah haji.

Selama sembilan hari di Madinah, jemaah haji Indonesa mendapat 27 kali jatah makan yang akan dibagikan langsung pada ketua rombongan. Para jemaah pun diimbau mematuhi rentang waktu makan yang tertulis di tutup kemasan supaya kualitasnya tetap terjaga sesuai standar kesehatan.

Baca juga: Jemaah Haji Diminta Bawa Barang Sesuai Ketentuan agar Koper Tak Dibongkar

Pria asal Lombok Tengah yang sudah lima tahun tinggal di Madinah ini mengaku bisa melayani makan para tamu Allah menjadi kebanggaan tersendiri.

“Saya sangat senang sekali bisa melayani makan jemaah haji. Saya berkomitmen akan memberikan pelayanan memuaskan. Mereka adalah tamu Allah,” katanya.

Efendi sempat menceritakan mengenai pekerjaannya. Awalnya Efendi seorang TKI. Ia bersyukur makanan racikannya bisa dinikmati oleh para tamu Allah.

Baca juga: Kemenag Rilis WA Center untuk Layani Jemaah Haji, Ini Nomornya

Efendi bekerja di perusahaan atau Dapur Al Ahmadi Catering Madinah, yang sudah berdiri sejak tahun 2000. "Awalnya saya asisten chef, alhamdulillah sekarang chef," ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas