Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar Menteri dan Politisi yang Dipanggil ke Istana Menjelang Reshuffle Kabinet

Sejumlah menteri dan politisi dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana sepanjang Selasa (14/6/2022) kemarin di tengah kabar reshuffle kabinet

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Daftar Menteri dan Politisi yang Dipanggil ke Istana Menjelang Reshuffle Kabinet
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Mendag Muhammad Lutfi menjadi salah satu menteri yang dipanggil menghadap ke Istana Kepresidenan menjelang reshuffle kabinet, Selasa (14/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah menteri dan politisi dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana sepanjang Selasa (14/6/2022) kemarin di tengah kabar rencana reshuffle kabinet yang berhembus kencang.

Nama-nama menteri yang dipanggil ke Istana Kepresidenan antara lain adalah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, serta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Ikut dipanggil juga ke Istana pada Selasa kemarin adalah mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto serta Wakil Menteri ATN/BPR Surya Tjandra.

Hampir seluruh menteri enggan bicara saat ditanya wartawan soal agendanya di Istana. Mereka mengaku tidak apakah pemanggilan ini terkait dengan isu reshuffle atau tidak.

"Enggak tahu. Tunggu saja nanti Pak Presiden. Rapat aja kali," kata Sofyan Djalil.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hadi Tjahjanto. Dia mengaku dipanggil ke Istana secara tiba-tiba.

"Wah enggak tau siapa ya (yang di-reshuffle), saya hanya dipanggil. Enggak tahu apa itu. Wah belum mikir ke sanalah ya," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Selain nama-nama tersebut, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan juga turut dipanggil menghadap presiden pada Selasa (14/6/2022) sore. Kabar ini disampaikan oleh politikus PAN Yandri Susanto.

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Ini Daftar 10 Kursi Wakil Menteri yang Kosong

Ikut dipanggil juga ke Istana Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI-P Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul mengungkap, Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni juga memenuhi panggilan Jokowi sore tadi.

Berikut profil singkat sederet menteri dan tokoh politik yang dipanggil menghadap Jokowi di Istana, Selasa (14/6/2022).

1. Muhammad Lutfi

Muhammad Lutfi menjabat sebagai Menteri Perdagangan sekitar 1,5 tahun terakhir. Dia baru masuk ke Kabinet Indonesia Maju pada 22 Desember 2020, ketika Jokowi melakukan reshuffle pertama di pemerintahan periode keduanya. 

Saat itu, Lutfi menggantikan Agus Suparmanto.

Nama Lutfi santer dikabarkan bakal dicopot Jokowi lantaran polemik langka dan mahalnya harga minyak goreng yang tak kunjung usai beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Respons NasDem Sikapi Reshuffle Kabinet: Kami Siap Kurang, Siap Tetap, Siap Tambah

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas