Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dalam Usung Capres, Surya Paloh Sebut NasDem tak Ingin 'Membebek' Hasil Survei

Ketua umum Partai NasDem, Surya Paloh menyebut hak mencalonkan diri sebagai calon presiden merupakan hak bagi setiap warga negara.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Dalam Usung Capres, Surya Paloh Sebut NasDem tak Ingin 'Membebek' Hasil Survei
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua umum Partai NasDem, Surya Paloh menyatakan, pihaknya akan mencalonkan siapapun sosok yang berintegritas untuk menjadi calon presiden (Capres) mendatang.

Sebab, menurut Paloh, hak mencalonkan diri sebagai calon presiden merupakan hak bagi setiap warga negara.

Hal itu disampaikan NasDem saat membuka agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

"NasDem ingin memberi ruang yang seluas-luasnya bagi seluruh putra-putri yang merasa mampu untuk mencalonkan dirinya sebagai pemimpin di negeri ini," kata Paloh di depan para kader NasDem.

Baca juga: Rakernas NasDem Bakal Hasilkan 3 Nama Capres, Surya Paloh: Saya Akan Bicara Dengan Hati Nurani

Baca juga: LSI Denny JA: Airlangga Tunjukan Tren Peningkatan Elektabilitas, Bersaing di Bursa Capres 2024

Lebih lanjut, Paloh menyatakan, kalau Partai NasDem tidak memiliki kecukupan syarat dalam upaya memajukan calon presiden sendirian, oleh karenanya yang akan dilakukan yakni mencari aspirasi dari berbagai kalangan.

Adapun upaya itu ditempuh dengan menggelar Rakernas pada Rabu hari ini, yang hasilnya akan menentukan tiga calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan diusung nantinya.

BERITA REKOMENDASI

"Inilah komitmen Partai Nasdem untuk memberikan ruang demokrasi yang terbuka bagi seluruh warga negara dalam proses pencalonan," beber Paloh.

Atas hal itu, upaya menggelar Rakernas ini juga kata dia, sebagai simbol kalau NasDem tidak mengikuti tren beberapa lembaga survei belakangan ini.

Sebab, dirinya berkeinginan ada kesempatan yang adil bagi semua pihak tidak hanya pada Ketua Umum partai politik, Kepala Daerah atau para menteri untuk menjadi seorang Capres.

Baca juga: Nasib Menteri yang Pernah Diganti Jokowi, Ada yang Masuk Penjara dan Ada yang Bersinar Jadi Capres

Baca juga: Partai NasDem akan Bahas Nama-nama Capres pada Rakernas 5-17 Juni 2022

"Ini juga menunjukkan bahwa Partai Nasdem tidak selalu membebek pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," tukas dia.

Sebelumnya, Surya Paloh memimpin langsung agenda apel siaga jelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Paloh memberikan amanat kepada para kader partai NasDem khusus mereka yang tergabung dalam Garda Pemuda Partai NasDem, agar tidak terjebak dalam politik terkotakan atau polarisasi.

"Kita tidak harusnya terjebak pada polarisasi kehidupan yang ada di tengah-tengah masyarakat kita," ujar Surya Paloh saat memimpin apel siaga di Lapangan Parkir Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas