Tribun

Reshuffle Kabinet

Riwayat Reshuffle Era Jokowi Jilid I-IV hingga Isu Reshuffle Kabinet 15 Juni 2022

Menengok kembali riwayat Reshuffle Era Jokowi Jilid I-VI hingga berhembus kencang isu reshuffle kabinet 15 Juni 2022

Penulis: Theresia Felisiani
zoom-in Riwayat Reshuffle Era Jokowi Jilid I-IV hingga Isu Reshuffle Kabinet 15 Juni 2022
TRIBUN/HO/BIRO PERS/LAILY RACHEV
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Maruf Amin (kiri) melantik menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Presiden melantik enam menteri untuk menggantikan posisi menteri lama (reshuffle) dan lima wakil menteri, diantaranya Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. TRIBUNNEWS/HO/BIRO PERS/LAILY RACHEV 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Isu reshuffle kabinet Presiden Jokowi kembali ramai diperbincangkan publik.

Bahkan reshuffle tersebut kabarnya akan dilakukan pada Rabu (15/6/2022).

Kebetulan dalam penanggalan Jawa, hari tersebut bertepatan dengan Rabu Pahing.

Presiden Jokowi diketahui kerap membuat kebijakan-kebijakan penting seperti reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Rabu Pahing.

Seiring dengan isu reshuffle kabinet itu, beredar pula kabar bahwa para menteri Kabinet Indonesia Maju dilarang bepergian ke daerah atau ke luar Jakarta sebelum 15 Juni 2022.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Dipanggil Jokowi, Namanya Santer Diprediksi Masuk Kabinet Sejak November 2021

Ditambah lagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri di kabinet Indonesia Maju dan tokoh nasional ke Istana Negara.

Pemanggilan mereka dikaitkan dengan isu reshuffle atau perombakan kabinet yang belakangan ini kian santer.

Mereka yang dipanggil Presiden Jokowi di antaranya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Kemudian Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Wakil Menteri ATR/Waka BPN Surya Tjandra.

Adapun tokoh nasional yang dipanggil Presiden Jokowi, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto. Ketiga tokoh ini dipanggil ke Istana, Selasa (14/6/2022) di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto. Ketiga tokoh ini dipanggil ke Istana, Selasa (14/6/2022) di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet (Kolase Tribunnews)

Riwayat Reshuffle di Era Jokowi

Pada periode pertama sebagai presiden, Jokowi tercatat sudah tiga kali melakukan reshuffle atau perombakan kabinet.

Kebijakan reshuffle pertama kali oleh Jokowi dilakukan pada 12 Agustus 2015.

Atau sekitar 10 bulan setelah pelantikan Kabinet Indonesia Kerja pada 27 Oktober 2014.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas