Tribun

Reshuffle Kabinet

Diberi Tugas oleh Jokowi, Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Segera Realisasikan Target

Zulkifli Hasan kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto menduduki kursi Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Diberi Tugas oleh Jokowi, Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Segera Realisasikan Target
Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden
Dua menteri baru Presiden Jokowi, Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, usai dilantik, Rabu (15/6/2022). Seperti diketahui, Jokowi me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil, sementara Zulhas menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. 

TRIBUNNEWS.COM - Zulkifli Hasan kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto menduduki kursi Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Keduanya dihadapkan dengan tugas yang tak mudah.

Zulkifli Hasan misalnya. Sebagai Menteri Perdagangan, ia harus menyelesaikan persoalan minyak goreng.

Meski tak mudah, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, optimis bisa menjalankan perannya dengan baik.

Ia yakin dengan pengalamannya, bisa membuat minyak goreng tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai acara serah terima jabatan dengan Muhammad Lutfi di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa ia akan menyelesaikan persoalan minyak goreng termasuk minyak goreng curah yang saat ini masih cukup tinggi di pasaran. Zulkifli Hasan mengaku baru diberi tahu akan menduduki jabatan Menteri Perdagangan pada Selasa malam. Tribunnews/Jeprima
Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers usai acara serah terima jabatan dengan Muhammad Lutfi di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa ia akan menyelesaikan persoalan minyak goreng termasuk minyak goreng curah yang saat ini masih cukup tinggi di pasaran. Zulkifli Hasan mengaku baru diberi tahu akan menduduki jabatan Menteri Perdagangan pada Selasa malam. Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

"Ini tugas amanah yang besar, kita tahu hari-hari ini soal minyak goreng yang belum tuntas. Kasihan rakyat kalau tidak kita selesaikan cepat," kata Zulhas seusai pelantikan di Istana Negara, Rabu (15/6/2022) yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

"Tentu saya apresiasi yang sudah dikerjakan Pak Luhut, Pak Luthfi dan teman-teman yang lain," sambung Zulhas, sapaan akrabnya.

Baca juga: Zulkifli Hasan Masuk Kabinet, Ketua DPP Golkar: Bukti KIB Kawal Pemerintahan Jokowi hingga  2024

Ia segera mempelajari secara detail kendala yang dihadapi dalam penyediaan minyak goreng tersebut.

Mendag juga akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan ketersediaan minyak goreng di tanah air.

"Saya kira backgorund pengalaman saya yang panjang, tentu akan banyak membantu nanti, segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng dimanapun dan harga terjangkau," terang Zulhas.

"Kita lihat satu dua hari ini," tutup Zulhas.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkap alasannya menunjuk Zulhas untuk jadi Menteri Perdagangan yang baru menggantikan M Luthfi.

Diungkapkan Jokowi, penunjukan Zulhas sebagai mendag baru telah mempertimbangkan banyak hal, terutama rekam jejak dan pengalaman.

"Ya kita melihat semuanya, rekam jejak, pengalaman, kemudian terutama skil manajerial," kata Jokowi.

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas