Tribun

Ibadah Haji 2022

Menteri Agama Bakal Pimpin Delegasi Amirul Hajj 1443 H

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menteri Agama Bakal Pimpin Delegasi Amirul Hajj 1443 H
Sky News
Di tengah pandemi corona yang melanda dunia, pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi tetap berlangsung mengikuti protokol kesehatan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. 

Amirul Hajj dijadwalkan akan bertugas memimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi dari 28 Juni sampai 19 Juli 2022.

“Bapak Presiden sudah memberikan arahan kepada saya untuk menjadi Amirul Hajj untuk tahun ini, memimpin delegasi misi haji Indonesia,” ujar Yaqut melalui keterangan tertulis, Kamis (16/6/2022).

Sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji atau Amirul Hajj yang bertanggung jawab pada setiap negara. 

Sebagai Amirul Hajj, Yaqut didampingi delegasi, terdiri dari tiga orang naib (wakil), satu sekretaris, dan delapan anggota. Sebagian besar di antara mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

“Saya berterima kasih atas kesediaan bapak sekalian untuk memenuhi harapan kami, bergabung dalam delegasi Amirul Hajj tahun ini," ucap Yaqut. 

Pembentukan dan pemberangkatan Amirul Hajj, menurut Yaqut, bertujuan membantu memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengelola dan menata manajemen penyelenggaraan ibadah haji, utamanya hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi. 

Amirul Hajj juga menjadi representasi peran serta masyarakat. Amirul Hajj diharapkan dapat menyapa, menggali masukan, dan berkomunikasi langsung dengan jemaah haji selama di Saudi.

Pemerintah, kata Yaqut, telah berupaya maksimal dalam mempersiapkan pelayanan bagi jemaah haji Indonesia. Namun demikian, pengawasan atas pelayanan yang diberikan petugas tetap harus dilakukan.

Baca juga: 22 Kloter Jemaah Haji Indonesia Sudah Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah

“Mungkin ini pengalaman pertama bagi jemaah melaksanakan ibadah haji atau bahkan mungkin banyak juga jemaah yang baru kali ini keluar Indonesia. Kita terus menekankan kepada para petugas di lapangan untuk serius dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah. Kami selalu berpesan agar petugas memastikan jemaah terlayani dengan baik,” jelas Yaqut.

Berikut ini daftar nama delegasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M:

1. Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama RI (Amirul Hajj)

2. Zainut Tauhid Sa'adi Wamenag RI (Naib Amirul Hajj)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas