Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NasDem Ungkap Alasan Prabowo Subianto dan AHY Tak Diusulkan 34 DPW Jadi Capres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak masuk dalam rekomendasi DPW NasDem.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in NasDem Ungkap Alasan Prabowo Subianto dan AHY Tak Diusulkan 34 DPW Jadi Capres 2024
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (kiri) saat ditemui awak media di Agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem tahun 2022, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Ia mengungkap alasan Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak masuk sosok yang diajukan DPW NasDem menjadi Capres 2024. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya buka suara soal beberapa figur yang direkomendasikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem untuk menjadi Calon Presiden (Capres) 2024.

Dalam rekomendasi itu, terdapat beberapa nama yang direkomendasikan termasuk Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kendati begitu, ada beberapa sosok tokoh partai yang tidak direkomendasikan DPW yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Padahal keduanya sempat menjalani pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower pada awal Juni lalu.

Willy mengatakan, hal itu didasari karena DPW NasDem tidak menginginkan adanya sosok yang berpengaruh dalam partai lain untuk diusulkan sebagai Capres.

Baca juga: Nama Ganjar Menguat dalam Rakernas Nasdem Padahal Partai Ini Digadang akan Usung Anies Baswedan

"Iya tentu proses rekomendasi ini kita dengar langsung tadi mungkin teman-teman di DPW memiliki catatan yang tidak menginginkannya asosiasi figur yang terlalu dominan ke partai politik tertentu," kata Willy saat jumpa pers di agenda Rakernas Nasdem, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

BERITA REKOMENDASI

Hal itu, kata Willy, merupakan kondisi yang wajar, mengingat tidak ada ketua umum partai lainnya lagi yang diusulkan DPW NasDem menjadi capres.

Kendati demikian, terkait siapa sosok yang akan diusung nantinya oleh Partai NasDem, Willy mengatakan kalau hal itu merupakan wewenang dari Surya Paloh selaku Ketua Umum.

Baca juga: Respons Ganjar Usai Masuk Rekomendasi Capres di Rakernas NasDem, Tegaskan Sebagai Kader PDIP

"Pertimbangannya jauh lebih kepada asosiasi yang sangat kental dengan partai tertentu sehingga itu menjadi preferensi bagi teman-teman di wilayah untuk tidak menyebut nama itu tadi," kata dia.

Kendati begitu, Willy memastikan kalau silaturahmi antar partai politik akan tetap terjalin meski ada beberapa elite partai yang tidak masuk dalam rekomendasi capres.

Sebab kata dia, Partai NasDem tidak akan bisa maju mengusung capres sendiri tanpa menjalin koalisi dengan partai lain.

Akan tetapi, Willy memastikan Partai NasDem tidak dapat memaksakan siapa yang akan diusung menjadi capres termasuk jika sudah menjalin koalisi.

"Mungkin ya kalau belum jodoh kan nggak mungkin kita kawin paksa akan jadi, nanti kita lihat siapa lah dari nama-nama yang muncul itu yang ada partai-partai yang tertarik lalu kemudian kita membangun koalisi bersama-sama," kata Willy.

Baca juga: Hasil Lengkap Nama Capres yang Diusulkan oleh 34 DPW NasDem: Anies Baswedan Terbanyak Disusul Ganjar

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas