Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PERINGATAN Dini BMKG Cuaca Ekstrem Kamis, 23 Juni 2022: 25 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Inilah peringatan dini BMKG untuk Kamis, 23 Juni 2022, terdapat 25 wilayah berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, serta angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in PERINGATAN Dini BMKG Cuaca Ekstrem Kamis, 23 Juni 2022: 25 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - Inilah peringatan dini BMKG untuk Kamis, 23 Juni 2022, terdapat 25 wilayah berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, serta angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah infromasi peringatan dini BMKG cuaca ekstrem pada Kamis, 23 Juni 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia, besok Kamis (23/6/2022).

Mengutip dari web.meteo.bmkg.go.id, terdapat 25 wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Selain itu cuaca ekstrem hujan, kilat atau petir, dan angin kencang terjadi di 4 wilayah lainnya seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, NTB, dan NTB.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Rabu, 22 Juni 2022: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di 29 Wilayah

Sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata bag selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Selat Makassar bag selatan hingga Laut Jawa, dan dari perairan sebelah utara Jawa Barat hingga Sumatera Selatan.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Laut Jawa hingga Jambi, di Selat Karimata, di Laut natuna, di pesisir sebelah selatan Jawa.

Kemudian di Laut Jawa, di Kalimantan Barat bag utara dan selatan, di Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara, di Laut Flores, dari Laut Banda hingga Sulawesi Selatan, di Maluku Utara.

BERITA TERKAIT

Lalu di Maluku, di Laut Timor, di Papua Barat dan di Papua serta daerah konfluensi di Selat Malaka, di perairan sebelah barat Bengkulu, di Laut Natuna, di Laut Sulawesi, dan di Laut Sulu.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah berpotensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas