Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Pemerintahan akan Dipimpin Maruf Amin

Presiden Joko Widodo mengatakan selama dirinya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Pemerintahan akan Dipimpin Maruf Amin
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke empat negara di antaranya Jerman, Ukraina , Rusia, dan Uni Emirates Arab. Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) sekitar pukul 10.36 WIB, Minggu, (26/6/2022). Presiden terlebih dahulu akan menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7. Sebelum berangkat, presiden mengatakan bahwa selama dirinya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke empat negara di antaranya Jerman, Ukraina , Rusia, dan Uni Emirates Arab.

Joko Widodo bersama rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) sekitar pukul 10.36 WIB, Minggu, (26/6/2022).

Presiden Joko Widodo terlebih dahulu akan menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7.

Sejumlah pejabat turut melepas keberangkatan Presiden Joko Widodo ke Luar Negeri di Bandara Soekarno-Hatta.

Mereka diantaranya yakni: Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Sebelum berangkat, presiden mengatakan bahwa selama dirinya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh bapak wakil presiden,” kata Jokowi.

BERITA TERKAIT

Di luar negeri, Presiden akan menghadiri sejumkah kegiatan.

Selain hadir dalam KTT G7 di Jerman, Jokowi akan bertemu Presiden Ukraina  Vlodimir Zelenskyy di Kiev  dan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Moskow.

Pertemuan presiden dengan kedua pemimpin negara yang sedang berkonflik yakni untuk menjalankan misi perdamaian.

Baca juga: Presiden Bertolak Kunjungan ke 4 Negara, Apa Saja Misi yang Dibawa Jokowi ke Ukraina dan Rusia?

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden terlebih dahulu akan singgah di Uni Emirates Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerjasama ekonomi dan investasi antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Munich, Jerman, yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Jerman untuk menyiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas