Tribun

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Selasa 28 Juni 2022: Besok 24 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

BMKG menyampaikan peringatan dini untuk besok, 28 Juni 2022. Terdapat 24 wilayah berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, serta angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Selasa 28 Juni 2022: Besok 24 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - Inilah informasi peringatan dini BMKG untuk besok, 28 Juni 2022, terdapat 24 wilayah berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, serta angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah infromasi peringatan dini BMKG cuaca ekstrem di seluruh wilayah Indonesia besok Selasa, 28 Juni 2022.

Mengutip dari web.meteo.bmkg.go.id, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa ada 24 wilayah berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

BMKG menginformasikan terdapat 97W yang terpantau di Laut Cina Selatan, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Kalimantan Utara dan Laut Sulawesi.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang di Aceh, di Sumatera Utara, di Lampung bag barat, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di perairan sebelah selatan NTB-NTT, di Kalimantan Barat bag utara, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tengah, di Papua Barat dan di Papua.

Selain itu juga terdapat daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan sebelah barat Sumatera Utara-Sumatera Barat dan di Riau.

Peningkatan kecepatan angin permukaan hingga mencapai >25 knot terpantau di Laut Timor dan perairan sebelah selatan NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Sesar Baribis Bisa Picu Gempa di Jakarta, Simak Langkah Mitigasi Gempa Bumi dari BMKG

Baca juga: BMKG Deteksi Adanya Sesar Baribis Aktif, Jakarta Berpotensi Gempa

Wilayah berpotensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

- Kep. Riau

- Bengkulu

- Jambi

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas