Tribun

Portal TribunPapuaBarat.com Mimpi Pendiri Kompas Gramedia

Menurutnya, kehadiran TribunPapuaBarat.com sekaligus mewujudkan cita-cita pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Portal TribunPapuaBarat.com Mimpi Pendiri Kompas Gramedia
istimewa
Launching portal Tribunpapuabarat.com dihadiri 64 kepala daerah secara online berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Kehadiran TribunPapuaBarat.com sekaligus mewujudkan cita-cita pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Tribun Network Dahlan Dahi mengatakan TribunPapuaBarat.com menjadi portal ke-65 yang dikelola Tribun Network kelompok Kompas Gramedia.

Menurutnya, kehadiran TribunPapuaBarat.com sekaligus mewujudkan cita-cita pendiri Kompas Gramedia (KG) Jakob Oetama.

"Beliau menginginkan media yang ada di seluruh Indonesia. Setelah 20 tahun Tribun Network berdiri barulah kita menginjakkan kaki di tanah Papua Barat," kata Dahlan saat peluncuran di Aston Niu Manokwari Hotel and Conference, Distrik Manokwari Selatan, Manokwari, Papua Barat, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: LIVE Peluncuran TribunPapuaBarat.com: 64 Portal Berita Tribun Network Hadir di Indonesia

Tribun Network, kata Dahlan, sudah lebih dulu melakukan ekspansi lewat portal TribunPapua.com di Jayapura pada tahun 2021.

Tepat setahun berikutnya Tribun Network meluncurkan TribunPapuaBarat.com di Manokwari.

"Ini adalah secara simbolis kami hadir di seluruh ibu kota provinsi Republik Indonesia. Jadi ini hari yang sangat berbahagia bagi Tribun Network," tutur Dahlan.

Chief Digital Officer KG Media itu menerangkan peluncuran portal TribunPapuaBarat.com menjadi momentum untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki daerah paling ujung barat Pulau Papua.

Dahlan berharap Tribun Network bisa memberikan kontribusi dan juga mencerdaskan masyarakat Papua Barat.

"Kami juga membuka lapangan kerja dengan merekrut wartawan setempat, walaupun kami agak sulit mencari sumber daya manusia, mungkin kami akan mengadakan pelatihan jurnalistik di kampus untuk menjaring wartawan berkualitas," tukasnya.

Baca juga: Luncurkan TribunPapuaBarat.com, 64 Portal Berita Tribun Network Hadir di 34 Provinsi

Dahlan berujar, misi Tribun Network mengembangkan jaringan ke seluruh Indonesia untuk memberikan akses bagi masyarakat daerah.

Menurutnya, selama ini komunikasi dilakukan dari atas ke bawah sementara masyarakat memerlukan ruang interaksi ke atas.

"Supaya kita bisa membangun Indonesia yang beragam dengan tariannya yang indah dengan identitas dan karakternya yang khas demi membangun Bhineka Tunggal Ika," pungkas Dahlan.

Sementara News Director Tribun Network Kompas Gramedia Febby Mahendra Putra mengatakan TribunPapuaBarat.com melengkapi jaringan media digital dan surat kabar milik Kompas Gramedia.

"Portal berita TribunPapuaBarat.com ini istimewa, sebab menjadi pelengkap kehadiran Tribun Network Kompas Gramedia di 34 ibu kota provinsi di Indonesia," ujarnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas