Tribun

Idul Adha 2022

Contoh Naskah Khutbah Idul Adha 2022 untuk Dibaca Usai Shalat Idul Adha

Contoh naskah Khutbah Idul Adha 2022 ini bisa dibaca saat Khutbah Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli 2022 atau Minggu, 10 Juli 2022.

Penulis: Daryono
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Contoh Naskah Khutbah Idul Adha 2022 untuk Dibaca Usai Shalat Idul Adha
SERAMBI/BUDI FATRIA
ILUSTRASI Salat Idul Adha - Simak contoh naskah Khutbah Idul Adha 2022 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini contoh naskah Khutbah Idul Adha 2022.

Contoh naskah Khutbah Idul Adha 2022 ini bisa bacakan usai shalat Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli 2022 bagi yang merayakan Idul Adha mengikuti Muhammadiyah.

Bisa juga dibaca pada Minggu, 10 Juli 2022 bagi yang Idul Adha sesuai keputusan pemerintah.

Khutbah Idul Adha ini dikutip dari Nu Online Jawa Timur.

Baca juga: Tata Cara Sholat Idul Adha dan Niat Sholat Sendiri Maupun Berjamaah

Dalam keterangan yang disampaikan di laman NU Online Jawa Timur, redaksi memperbolehkan khutbah Idul Adha ini diperbanyak dan disebarluaskan.

Berikut contoh Khutbah Idul Adha 2022 sebagaimana dikutip Tribunnews.com: 

Khutbah Idul Adha: Kurban dan Spirit Melahirkan Generasi Terbaik

Khutbah pertama

اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكْبَرْ (3×) اللهُ اَكبَرْ (3×)

اللهُ اَكْبَرْ كُلَّمَا هَلَّ هِلاَلٌ وَاَبْدَرَ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ صَامَ صَائِمٌ وَاَفْطَرْ اللهُ اَكْبَرْ كُلَّماَ تَرَاكَمَ سَحَابٌ وَاَمْطَرْ وَكُلَّماَ نَبَتَ نَبَاتٌ وَاَزْهَرْ وَكُلَّمَا اَطْعَمَ قَانِعُ اْلمُعْتَرْ.. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلَ لِلْمُسْلِمِيْنَ عِيْدَ اْلفِطْرِ بَعْدَ صِياَمِ رَمَضَانَ وَعْيدَ اْلاَضْحَى بَعْدَ يَوْمِ عَرَفَةَ.

اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمَلِكُ اْلعَظِيْمُ اْلاَكْبَرْ وَاَشْهَدٌ اَنَّ سَيِّدَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الشَّافِعُ فِى اْلمَحْشَرْ نَبِيَّ قَدْ غَفَرَ اللهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ. اللهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ اَذْهَبَ عَنْهُمُ الرِّجْسَ وَطَهَّرْ. اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah Shalat Idul Adha Rahimakumullah

Marilah selalu memanjatkan syukur kepada Allah SWT karena pada pagi hari ini kita masih diberikan karunia untuk melakukan shalat Idul Adha di masjid yang penuh berkah. Demikian pula diberikan kesempatan bertemu keluarga, sahabat, tetangga yang mungkin jarang kita temui di hari biasa. Karenanya, ini adalah waktu istimewa yang disediakan untuk kita, umat Islam. Karenanya, mari aneka nikmat yang ada kita pergunakan dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan takwallah yang diwujudkan dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Hadirin yang Berbahagia

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas