Tribun

Tingkat Kepercayaan Publik pada Kejagung Meningkat, Legislator PAN: Efek Kerja Cepat Tangani Perkara

Bekerja cepat dalam menangani perkara diyakini sebagai upaya yang meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan Agung. 

Penulis: chaerul umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Tingkat Kepercayaan Publik pada Kejagung Meningkat, Legislator PAN: Efek Kerja Cepat Tangani Perkara
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Jaksa Agung RI ST Burhanuddin mengumumkan dua tersangka baru dalam dugaan kasus tindak pidana korupsi dalam pengadaan pesawat di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tahun 2011-2021 di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin(27/6/2022) Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menetapkan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan Mantan Direktur Utama PT Mugi Rekso Abadi Soetikno Soedardjo sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi penyewaan pesawat ATR 72-600 di PT Garuda Indonesia. Langkah Kejagung yang tidak pandang bulu dalam penanganan perkara, juga bekerja cukup cepat diapresiasi. Ini pula yang dinilai Eko Hendro Purnomo melatari adanya peningkatan kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan Agung.  Warta Kota/Henry Lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Hendro Purnomo, memuji langkah Kejaksaan Agung (Kejagung) yang tidak pandang bulu dalam penanganan perkara

Eko Hendro Purnomo juga menilai Kejaksaan Agung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin mampu bekerja cepat dalam menangani perkara.

Ini pula yang dinilai Eko Hendro Purnomo melatari adanya peningkatan kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan Agung

Hal itu disampaikan Eko Hendro Purnomo sekaligus merespons rilis survei terbaru Indikator Politik Indonesia terkait tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja institusi negara. 

Hasilnya, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung mengalami peningkatan di bulan Juni 2022 dibanding April 2022.

"Kami mengapresiasi langkah Kejagung yang tidak pandang bulu dalam penanganan perkara, juga bekerja cukup cepat saat ini,” kata Eko kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Di sisi lain, anggota Komisi VI DPR itu menilai keberhasilan Kejaksaan dalam membongkar sejumlah perkara turut melatari tingginya kepercayaan publik

Seperti diketahui, Kejaksaan berhasil menangani sejumlah perkara yang melibatkan kepentingan masyarakat, seperti dugaan korupsi minyak goreng, besi, hingga pupuk bersubsidi. 

“Dengan beberapa kasus yang ditangani, Kejagung, seperti minyak goreng dan besi baja misalnya, itu merupakan kasus yang krusial dan melibatkan kepentingan masyarakat luas,” ujar Eko.

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja institusi negara.

Hasilnya, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung mengalami peningkatan di bulan Juni 2022 dibanding April 2022.

“Kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung meningkat, menyalip pengadilan dan KPK,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. 

Baca juga: Dukungan Presiden Jokowi untuk Kejagung Bongkar Mafia Minyak Goreng Diapresiasi Rakyat

Dalam temuan Indikator, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung pada April lalu berada di angka 70,2 persen.

Kini, hasil survei Juni 2022, terjadi kenaikan sebesar 4,3 persen, menjadi 74,5 persen. 

Burhanuddin mengatakan, beragam terobosan yang dilakukan Kejaksaan Agung dalam pengusutan dan pembongkaran perkara, membuat lembaga pimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin itu berhasil memperbaiki rating kepuasan sebelumnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas