Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komnas HAM Harap Bisa Bertemu dan Dapat Keterangan Langsung dari Irjen Pol Ferdy Sambo dan Istri

Komnas HAM berharap bisa mendapatkan keterangan langsung dari Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo dan istri.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Srihandriatmo Malau

Laporan Wartawan TRIBUN-VIDEO, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berharap bisa mendapatkan keterangan langsung dari Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo dan istri.

Hal ini terkait tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM tengah mengumpulkan fakta dan bukti dari berbagai pihak terkait insiden penembakan di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022).

Anam berharap bisa bertemu Ferdy dan istri setelah Komnas HAM rampung mengumpulkan keterangan dan melakukan pendalaman dari pihak keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang tewas ditembak dalam insiden tersebut.

Selain itu, kata Anam, Komnas HAM juga akan memanggil pihak dokter dan personel divisi siber kepolisian untuk dimintai keterangan.

Ia juga berharap masyarakat yang mengetahui dan memiliki bukti terkait insiden tersebut juga dapat menyampaikannya kepada Komnas HAM untuk membuat terangnya peristiwa.

BERITA TERKAIT

Pada prinsipnya, kata Anam, Komnas HAM ingin melakukan proses pemantauan dan penyelidikan terkait insiden tersebut dengan cepat.

Namun demikian, berdasarkan pengalaman biasanya selesainya proses tersebut bergantung kepada waktu dan kesediaan para pihak menyampaikan keterangan.

Ia menegaskan Komnas HAM akan bekerja dan bergerak secara imparsial dan obyektif dalam penanganan kasus tersebut.

Anam juga menegaskan Komnas HAM akan menangani kasus tersebut berangkat dari jejak-jejak fakta-fakta yang ada.

Ia pun membuka kemungkinan untuk memanggil ahli yang bisa dimintai pendapatnya terkait kasus tersebut.

Hingga Minggu (17/7/2022), kata dia, Komnas HAM masih dalam tahap awal penyelidikan yakni dengan menemui dan meminta keterangan langsung dari keluarga Brigadir J di Jambi.

Dari pertemuan tersebut, kata dia, Komnas HAM telah mendapatkan banyak foto, video, dan konteks terkait foto dan video tersebut dari pihak keluarga Brigadir J.

Komnas HAM juga telah mendapatkan sejumlah keterangan dari keluarga Brigadir J mengenai sejumlah peristiwa setelah insiden tersebut terjadi.

Sebagaimana diketahui, telah terjadi insiden penembakan yang dilakukan Anggota Brimob yang bertugas sebagai pengawal Sambo terhadap anggota Bareskrim yang ditugaskan sebagai supir dinas istri Sambo yakni Brigadir J.

Insiden tersebut terjadi di rumah dinas Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022).

Polisi menyebut terjadi baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J. Polisi juga menyebut Bharada E menembak Brigadir J untuk melindungi keselamatan istri Sambo yang diduga dilecehkan dan ditodong pistol oleh Brigadir J.

Polisi juga telah membentuk tim khusus untuk mengusut kasus tersebut.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas