Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komnas HAM Periksa Ajudan Ferdy Sambo Terkait Penembakan Brigadir J, Bharada E Belum Hadir

Komnas HAM akan memeriksa semua aide de camp (ADC) atau ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E pada Selasa (26/7/2022) hari ini.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Komnas HAM Periksa Ajudan Ferdy Sambo Terkait Penembakan Brigadir J, Bharada E Belum Hadir
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat jumpa pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022). Komnas HAM akan memeriksa semua ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E pada Selasa (26/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa semua aide de camp (ADC) atau ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E pada Selasa (26/7/2022) hari ini.

Para ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo diperiksa terkait baku tembak yang menewaskan Brigadir J.

Berdasarkan pantauan di kanal YouTube Kompas TV, Selasa siang, sejumlah ajudan Irjen Ferdy Sambo telah tiba di Kantor Komnas HAM RI, Jakarta Pusat.

Namun, dari ketujuh ajudan Ferdy Sambo, Bharada E diketahui belum hadir dalam pemeriksaan di Kantor Komnas HAM.

"Yang pasti salah satunya di antaranya Bharada E. Ini belum hadir, bukan tidak hadir ya," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Selasa (26/7/2022).

"Mungkin saja sedang ada pemeriksaan lain, kan ada penyidik dari Bareskrim atau karena dalam perlindungan LPSK, saya hanya menduga. Makanya kita tanya secara langsung ke sana, jelas Taufan.

Baca juga: Ajudan Ferdy Sambo Tiba di Kantor Komnas HAM untuk Beri Keterangan Soal Tewasnya Brigadir J

Untuk itu, Taufan mengatakan, pihaknya meminta Bharada E untuk hadir di Kantor Komnas HAM.

BERITA TERKAIT

"Dan kami minta untuk datang pada hari ini (Selasa)," ucapnya.

Sebelumnya, agenda pemeriksaan ajudan Irjen Ferdy Sambo pada Selasa (26/7/2022) telah disampaikan Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.

"Besok (Selasa) agendanya dari pagi sampai selesai adalah memanggil untuk meminta keterangan semua ADC dari Irjen Sambo. Semuanya (termasuk Bharada E)," kata Anam di Kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Senin (25/7/2022).

Ia berharap, semua ajudan Sambo dapat hadir dan memenuhi permintaan keterangan tersebut

"Kami berharap semuanya bisa datang ke Komnas HAM memenuhi permintaan keterangan tersebut," lanjut Anam.

Berdasarkan undangan yang disampaikan, Tim Humas Komnas HAM RI, permintaan keterangan tersebut akan dilakukan sejak pukul 10.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, Komnas HAM sebelumnya mencukupkan permintaan keterangan dari Tim Dokkes Polri yang melakukan autopsi terhadap jenazah Brigadir J pada Senin (25/7/2022).

Sejumlah ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di Kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Selasa (26/7/2022) pukul 09.56 WIB untuk memberikan keterangan terkait insiden tewasnya Brigadir J.
Sejumlah ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di Kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Selasa (26/7/2022) pukul 09.56 WIB untuk memberikan keterangan terkait insiden tewasnya Brigadir J. (HO/Tribunnews)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas