Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPU Sebut Sejauh Ini Tak Temukan Kendala Keamanan Siber di Sipol Pemilu 2024

KPU meyakini bahwa sistem keamanan yang mereka bangun dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sejauh ini berjalan lancar.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in KPU Sebut Sejauh Ini Tak Temukan Kendala Keamanan Siber di Sipol Pemilu 2024
Tribunnews
Ilustrasi Pemilu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meyakini bahwa sistem keamanan yang mereka bangun dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sejauh ini berjalan lancar. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM , JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meyakini bahwa sistem keamanan yang mereka bangun dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sejauh ini berjalan lancar.

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos mengatakan hal ini tercermin dari tak ditemukannya kendala dalam penginputan data dan dokumen partai politik dalam Sipol sampai sekarang.

“Partai politik yang sudah memiliki akun input datanya dan ketika input sampai sejauh ini saya belum dapat soal keamanan siber,” kata Betty kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

Kendati begitu KPU tetap melakukan upaya preventif untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terkait keamanan siber.

Baca juga: Bawaslu Pastikan Setiap Hari Kawal Pendaftaran Calon Partai Politik di KPU

Saat ini diketahui KPU sudah menjalin kerja sama dengan membentuk gugus tugas yang melibatkan sejumlah instansi seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

KPU nantinya juga akan menjalin kerja sama dengan komunitas masyarakat digital terkait keamanan serupa.

BERITA TERKAIT

“Sekali lagi ini preventif ya kita di sini aman, nanti ke depan bagaimana oleh karenanya pembicaraan ini terus menerus kami lakukan dengan gugus tugas,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024 akan dimulai pada 1 - 14 Agustus 2022.  (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas