Tribun

Mukernas PMI, Jusuf Kalla Tekankan Pentingnya PMI Jaga Kepercayaan Publik

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menekankan pentingnya PMI menjaga kepercayaan publik

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Erik S
zoom-in Mukernas PMI, Jusuf Kalla Tekankan Pentingnya PMI Jaga Kepercayaan Publik
dok PMI
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla (JK) menekankan pentingnya PMI menjaga kepercayaan publik 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla (JK) menekankan pentingnya PMI menjaga kepercayaan publik.

Ia mengingatkan, agar PMI terus membangun sinergitas dengan masyarakat dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan ketahanan Indonesia, serta pengelolaan organisasi secara profesional.

Baca juga: Bertemu Jusuf Kalla, Ketum PSMTI Pusat Wilianto Tanta Siap Kerja Sama Sosial Donor Darah Dengan PMI

Hal tersebut disampaikan Jusuf Kalla (JK) dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) tahun 2022 PMI di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

“Layanan kepalangmerahan yang terdepan dan berkualitas ini dilaksanakan secara profesional yaitu dengan SDM PMI terlatih sesuai bidang layanan atau profesional,” kata JK dalam keterangannya.

Sebagai organisasi yang terus bertumbuh, PMI melaksanakan transformasi organisasi agar dapat beradaptasi dengan berbagai tantangan dalam pelayanan kemanusiaan. 

JK menyebutkan, dalam menghadapi covid-19 misalnya, kepengurusan yang dipimpinnya ini bergerak cepat dalam mengambil langkah-langkah strategis membantu pemerintah.

“Tahun 2020 merupakan tahun pertama kepengurusan PMI 2019-2024, kita tumbuhkan semangat ‘solidaritas untuk kemanusiaan’. Pada tahun berikutnya masih di tengah situasi pandemi, kita semua mencoba melakukan layanan terbaik dengan ‘bergerak bersama untuk sesama’. Semua itu dapat terlaksana apabila ada sinergi, kemitraan dan kerjasama kita dengan berbagai pemangku kepentingan,” imbuh JK.

Tahun 2021, adalah tahun penguatan sinergitas dan kolaborasi PMI dalam gerakan kepalangmerahan. 

Baca juga: Jusuf Kalla Beri Amanat Khusus untuk Ketua PSMTI Pusat Wilianto Tanta 

Tidak kurang dari 21 kerja sama program terjalin dengan berbagai pihak selama tahun tersebut. 

Di samping itu, sebanyak 10 mitra gerakan secara konsisten mendukung penyelenggaraan kepalangmerahan.

Kemitraan dengan pemangku kepentingan ini menegaskan fungsi penyambung, PMI sebagai lembaga kemanusiaan, dengan masyarakat yang membutuhkan. 

Oleh karena itu, sambung JK, menjaga kepercayaan mitra dan publik sangatlah penting dalam menjalankan gerakan kepalangmerahan.

“Para donatur menyumbangkan sumber dayanya kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI, selanjutnya PMI menyalurkan kepada masyarakat melalui program layanan sesuai kebutuhan masyarakat terdampak,” terang wakil presiden ke-10 dan ke-12 tersebut.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas