Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Hari Ini Rabu 27 Juli 2022: Hujan Lebat dan Angin Terjadi di Sejumlah Wilayah

Peringatan Dini BMKG hari ini, Rabu (27/7/2022), waspada hujan lebat yang dapat disertai angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Hari Ini Rabu 27 Juli 2022: Hujan Lebat dan Angin Terjadi di Sejumlah Wilayah
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca - Peringatan Dini BMKG hari ini, Rabu (27/7/2022), waspada hujan lebat yang dapat disertai angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Rabu (27/7/2022).

Waspada hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Melansir laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 95S terpantau berada di Samudra Hindia barat Banten yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Samudra Hindia barat Sumatra Barat - barat daya Banten.

Serta menginduksi terbentuknya Low Level Jet (angin pada lapisan permukaan dengan kecepatan >25 knot) yang memanjang dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga barat daya Banten.

Selain itu, sirkulasi siklonik berada di Kalimantan Barat dan Selat Makassar yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut China Selatan, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di pesisir barat Sulawesi, dan di Sulawesi bagian tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Rabu, 27 Juli 2022:

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Rabu, 27 Juli 2022: Denpasar Cerah Berawan, Semarang Cerah

BERITA TERKAIT

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Jambi

• Sumatera Selatan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas