Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Surya Tjandra Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024: PSI Partai Terbuka, Bisa Terima Perbedaan

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Surya Tjandra mengatakan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah pilihan pribadinya

Penulis: Reza Deni
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Surya Tjandra mengatakan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah pilihan pribadinya.

Maka itu, mantan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu menjelaskan apa yang dilakukannya adalah bagian dari proses demokratis.

Meski demikian, PSI sendiri disebut Surya Tjandra belum merespons soal pernyataan tersebut langsung ke dirinya.

"Saya kira PSI kan partai terbuka, bisa menerima perbedaan, biasa saja sebetulnya," kata Surya Tjandra kepada wartawan, Jumat (29/7/2022).

"Nanti kan kalau memang dibutuhkan bisa ada diskusi, tabayun internal," jelas Surya Tjandra.

Anies Baswedan Sosok Paling Cocok

kader PSI yang juga eks Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra mendukung Anies di Pilpres 2024.

BERITA REKOMENDASI

Surya menilai Anies memiliki kemampuan dan kapasitas. Hal itu dilihat dari pengalaman Surya saat menjabat Wamen ATR/BPN selama dua tahun.

"Jadi ya dari pilihan-pilihan yang ada memang kalau saya pribadi saya merasa Pak Anies, dari beberapa ini memang harus saya akui Pak Anies yang punya kemampuan punya kapasitas, dia buktikan pada saat dia kerja sebagai Gubernur DKI ya paling tidak, dan kalau ini bisa di-scale up Jakarta-1 bisa jadi Indonesia-1," kata Surya dalam kanal Youtube Total Politik, Kamis (28/7/2022).

Surya menegaskan bahwa presiden terpilih di 2024 harus bisa meneruskan program Jokowi. Hal itu berlaku bagi siapa pun presidennya.

"Harus ada ya pertama, dan kedua, kita kan dalam pilpres, pileg itu bukan nyari malaikat, bukan nyari manusia dewa atau setengah dewa. Tapi manusia yang ada, dalam konteks itu siapa pun yang ada harus bisa ngelanjutin, bukan cuma amanat ya," kata Surya Tjandra.

Dan sosok Anies, dikatakan Surya, bisa meneruskan program dan kebijakan yang dibuat Presiden Jokowi, termasuk isu reforma agraria.

"Isu reforma agraria ini kan mimpi besar dari pendiri republik kan zaman dulu, dan baru Pak Jokowi yang melanjutkan, membuat regulasi dibikin gugus tugas dan ini harus lanjut, dan rasanya bisa," ucapnya.

Surya tidak mempersoalkan jika ada yang kontra terhadap pilihannya. Bahkan, dia dengan terbuka jika Anies menawarinya menjadi tim pemenangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas