Tribun

Perjalanan Kasus Abu Bakar Ba'asyir hingga Terbaru Mengakui Pancasila

Inilah perjalanan kasus hukum Abu Bakar Ba'asyir mantan terpidana terorisme hingga kini mengakui Pancasila

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Perjalanan Kasus Abu Bakar Ba'asyir hingga Terbaru Mengakui Pancasila
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Amir Jamaah Anshorut Tauhid Abu Bakar Baasyir keluar dari ruang pemeriksaan Rumah Sakit Mata Aini, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (29/2/2012). Inilah perjalanan kasus hukum Abu Bakar Ba'asyir mantan terpidana terorisme hingga kini mengakui Pancasila 

TRIBUNNEWS.COM - Video memperlihatkan Abu Bakar Ba'asyir (ABB) mengakui Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia tersebar di media sosial.

Dalam video, pendiri Pondok Pesantren Ngruki di Sukoharjo, Jawa Tengah, itu mengatakan Indonesia berdasar Pancasila telah disetujui juga oleh ulama atas dasar Tauhid.

Diketahui, dalam perjalanan kasus Abu Bakar Ba'asyir, eks narapidana terorisme ini pernah diisukan batal bebas dari penahanan karena enggan menandatangani dokumen tentang kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI.

Namun kuasa hukum Ba’asyir, Mahendradata, menyanggahnya dan menyatakan Ba'asyir enggan menandatangani janji tidak melakukan tindak pidana membantu pelatihan militer untuk terorisme.

"Yang Ustaz tidak mau tanda tangan itu satu ikatan dokumen macam-macam," kata kuasa hukum Ba'asyir, Muhammad Mahendradatta, di Kantor Law Office of Mahendradatta, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019) seperti dikutip dari Kompas.com.

"Itu pengertian Ustaz, jadi kalau ada tuduhan bahwa ustadz sudah tahu dan membentuk angkatan perang dan lain sebagainya itu, Ustaz tidak pernah mau," ucap Mahendradatta.

Baca juga: Ustaz Abu Bakar Baasyir Akhirnya Akui Pancasila Sebagai Dasar Negara, Dulu Anggap Pancasila Syirik

Adapun sebelum adanya kabar terbaru mengakui Pancasila, ABB menjalani proses hukum panjang dinyatakan bersalah atas berbagai kasus pidana terorisme hingga akhirnya ia bebas murni pada pada Jumat (8/1/2021) pagi, setelah menjalani hukuman di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur.

Akui Pancasila

Mantan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir berada di dalam mobil saat meninggalkan Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021). Abu Bakar bin Abud Ba'asyir alias Abu Bakar Ba'asyir resmi bebas dari penjara setelah menuntaskan 15 tahun masa pidananya atas tindak pidana terorisme. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir berada di dalam mobil saat meninggalkan Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021). Perjalanan Kasus Abu Bakar Ba'asyir hingga Terbaru Mengakui Pancasila (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Muncul Ustaz Abu Bakar Ba'asyir, Pendiri Pondok Pesantren Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Video yang beredar di media sosial itu satu di antaranya diunggah oleh akun Twitter bernama @Khoirudin_26 pada Senin (1/8/2022).

Dalam video berdurasi 41 detik ini berisi ceramah Abu Bakar Ba'asyir dalam suatu acara.

Ini isinya seperti dikutip Tribunnews.com dari video cuitan Twitter @Khoirudin_26 :

"Indonesia berdasar Pancasila itu mengapa disetujui ulama?

Karena dasarnya Tauhid.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas