Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kembali Digelar, Ini Daftar Lima Pemenang Penghargaan Achmad Bakrie XVIII 2022

Pemenang Penghargaan Achmad Bakrie 2022 Kategori Sains diraih 5 Peneliti Arkeologi Lukisan Gua Purba Indonesia.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kembali Digelar, Ini Daftar Lima Pemenang Penghargaan Achmad Bakrie XVIII 2022
dok.
Pemenang Penghargaan Achmad Bakrie 2022 Kategori Sains, yang diraih Tim Peneliti Arkeologi Lukisan Gua Purba Indonesia, yaitu: Adhi Agus, Pindi Setiawan, Basran Burhan, Budianto Hakim dan Rustan LP. Santari.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi, Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) kembali tahun ini dengan mengangkat tema "Generasi Bangun Negeri".

PAB XVIII 2022 pada kali ini menetapkan lima pemenang dalam lima kategori penghargaan, yaitu Sastra, Pemikiran Sosial, Sains, Kedokteran, dan Ilmuwan Internasional Berjasa Untuk Indonesia.

Gelaran Malam Penganugerahan PAB XVIII 2022 dijadwalkan akan disiarkan secara langsung pada Sabtu, 20 Agustus 2022 pukul 20.30 WIB

Ketua Penyelenggara PAB XVIII 2022, Aninditha Anestya Bakrie mengatakan, PAB tahun ini spesial karena selain hadir dengan lima kategori penghargaan, juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 sekaligus memperingati HUT ke-80 Kelompok Usaha Bakrie.

Aninditha Anestya Bakrie mengatakan, PAB tahun ini spesial karena selain hadir dengan lima kategori penghargaan, juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 sekaligus memperingati HUT ke-80 Kelompok Usaha Bakrie.

Baca juga: Megawati Terima Penghargaan Medali Yobel dari Presiden Kazakhstan

“Karena itu tema PAB tahun ini sama dengan tema HUT ke-80 Bakrie yaitu Generasi Bangun Negeri,” jelas Aninditha dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/8). 

BERITA TERKAIT

Penerima PAB XVIII 2022 ini adalah:

1. Nirwan Dewanto (Sastra)

Untuk aneka karya yang secara sadar membebaskan diri dari batasan sejarah sastra nasional, dan yang mengolah khazanah Indonesia dengan cara yang peka pada perkembangan sastra dunia.

2. Mohtar Mas’oed (Pemikiran Sosial)

Untuk kepeloporan pendekatan analisis struktural non-Marxian atas kenyataan ekonomi-politik di Indonesia dan dunia internasional yang memperkaya khazanah pemikiran akademik tanah air.

3. Tim Peneliti Arkeologi Lukisan Gua Purba Indonesia (Sains): Adhi Agus, Pindi Setiawan, Basran Burhan, Budianto Hakim, Dan Rustan LP. Santari.

Untuk rentetan temuan aneka lukisan figuratif tertua di dunia, di gua purba Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan yang menggeser paradigma arkelogi Indonesia dan memperkaya pengetahuan tentang evolusi kognitif di Bumi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas