Tribun

Bantuan Langsung Tunai

Cara Cek Penerima BLT BBM Rp 600 Ribu, Mulai Cair September 2022

Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM senilai Rp 600 ribu mulai cair hari ini, Kamis (1/9/2022), berikut inilah cara cek penerimanya.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Cara Cek Penerima BLT BBM Rp 600 Ribu, Mulai Cair September 2022
Sekretariat Presiden, Instagram/kemensosri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan BLT BBM di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022). Masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan BLT BBM senilai Rp 600 ribu, simak inilah cara mengecek penerimanya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini cara cek penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM atau BLT BBM yang mulai cair hari ini, Kamis (1/9/2022).

Masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan BLT BBM senilai Rp 600 ribu.

Disalurkannya BLT BBM ditandai dengan penyerahan bantuan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Papua pada Rabu (31/8/2022).

"Hari ini kita telah memulai pembagian BLT BBM yang diberikan masyarakat selama empat bulan, per bulannya diberikan Rp150 ribu, jadi totalnya Rp600 ribu, dan diberikan dua kali," ujar Presiden usai menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) kepada masyarakat, Rabu (31/08/2022), di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, dikutip dari setkab.go.id.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk pertama kalinya di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, (31/8/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk pertama kalinya di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, (31/8/2022). (Sekretariat Presiden)

Baca juga: BLT BBM Perdana Disalurkan Presiden Jokowi di Papua

Presiden menyampaikan, bantuan ini akan diberikan kepada lebih kurang 20,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat.

"Agar daya beli masyarakat, konsumsi masyarakat menjadi lebih baik," ujarnya.

Kemudian, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi mengatakan, penyaluran BLT BBM akan dilakukan dengan tiga cara.

Pertama, mengambilnya di kantor pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari kantor pos.

Kedua, menyalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

Ketiga, diantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

Baca juga: Jokowi Salurkan BLT BBM di Papua, Langkah Awal Pembagian Bansos Tambahan

Baca juga: 3 Bansos Cair Tahun 2022: BSU, BLT, dan Sektor Transportasi, Simak Cara Cek Penerimanya

"Kami targetkan dalam dua minggu semua penerima manfaat BLT BBM akan menerima haknya."

"Oleh karena itu, kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak luar, seperti merekrut mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar."

"Atau Pemda, dinas sosial, aparat setempat, kepolisian dan tentara agar penyaluran bisa cepat," ujarnya, dikutip dari Kompas.com.

Cara Cek Penerima BLT BBM

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas