Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dinilai Sukses Kelola Lingkungan Berbasis Masyarakat, Desa di Bali Dikunjungi Perwakilan Negara G20

Wamen KLHK dan 200 Perwakilan delegasi rangkaian agenda presidensi G2 0mengunjungi Desa Bongkasa Pertiwi Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung Bali.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Dinilai Sukses Kelola Lingkungan Berbasis Masyarakat, Desa di Bali Dikunjungi Perwakilan Negara G20
istimewa
Wakil Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bersama sebanyak 200 Perwakilan delegasi rangkaian agenda presidensi G20 yang terdiri dari pejabat setingkat menteri dari negara anggota G20, negara undangan, dan organisasi internasional, hari ini mengunjungi Desa Bongkasa Pertiwi yang berlokasi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung Bali. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Wakil Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bersama 200 Perwakilan delegasi rangkaian agenda presidensi G20  mengunjungi Desa Bongkasa Pertiwi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung Bali.

Kunjunganperwakilan G20 yang yang terdiri dari pejabat setingkat menteri dari negara anggota G20, negara undangan, dan organisasi internasional ini merupakan bagian dari rangkaian agenda G20 The Third Meeting of the Environment Deputies and Climate Sustainability (3rd EDM-CSWG) dan Joint Environment and Climate Minister’s Meeting (JECMM) yang bertujuan secara spesifik membahas isu lingkungan dan perubahan iklim.

Baca juga: KLHK: Indonesia Fokus Rehabilitasi Mangrove di Presidensi G20

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro menjelaskan, Desa Bongkasa Pertiwi dipilih sebagai contoh sukses pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat.

"Selain itu, visi kemandirian yang dipegang masyarakat untuk dapat mandiri dalam pengelolaan air, pangan, energi, pengelolaan sampah serta pengelolan wisata dapat menjadi daya tarik sekaligus contoh konkrit bagi para perwakilan delegasi G20," kata Sigit.

Sejauh ini pelembagaan pengelolaan PAM Desa dan Air Minum, seluruh masyarakat Desa Bongkasa Pertiwi sudah memperoleh akses air bersih melalui 467 sambungan sekaligus telah mengalami perubahan terhadap hidup bersih dan sehat.

Bekerjasama dengan BUMDes Mandala Sari, Pemerintah Desa Bongkasa Pertiwi, Yayasan Rumah Energi dan swadaya masyarakat saat ini juga telah dibangun 44 unit biogas dengan menggunakan bahan baku kotoran hewan.

BERITA TERKAIT

Kelompok Kehati Lestari Desa Bongkasa Pertiwi juga telah berhasil menangkarkan 17 ekor Jalak Bali dan 32 ekor Jalak Putih serta penyediaan pakan burung melalui budidaya kroto dan jangkrik.

Kelompok difabel dalam hal ini juga mendapatkan manfaat melalui pelestarian pohon dalam bentuk adopsi pohon dan hingga saat ini telah mencapai 26 orang penerima manfaat.

Selain mengunjungi berbagai inisiatif tersebut, para perwakilan delegasi G20 juga diundang untuk mengikuti berbagai kegiatan masyarakat setempat seperti memahat patung kayu, melukis batok kelapa, serta membuat kerajinan perak dan hiasan dari janur. Seluruh persiapan dan pelaksanaan kunjungan ini melibatkan hingga total 300 orang warga setempat.

Desa Bongkasa Pertiwi, merupakan lokasi program pemberdayaan masyarakat binaan Danone-Aqua dan merupakan salah satu Desa Wisata yang ditetapkan oleh Bupati Badung sebagai desa wisata yang mandiri, maju, dan sejahtera berlandaskan Tri Hita Karana.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pihaknya berkomitmen memberikan dampak positif terhadap konsumen, lingkungan serta komunitas, salah satunya melalui insiiatif pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan bersama dengan BUMDes di Desa Bongkasa Pertiwi.

"Inisiatif ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen kami untuk mendukung visi pemerintah Indonesia dalam mensukseskan agenda G20 dan tiga agenda prioritas isu lingkungan,“ katanya.

‘Beberapa inisiatif pun telah kami jalankan secara bersama sejak tahun 2019 seperti melakukan kajian secara kelembagaan terhadap pengelolaan PAM Desa dan Air minum, pengelolaan kotoran hewan ternak sapi dan babi menjadi energi terbarukan dalam bentuk Biogas, penangkaran burung langka di Bali, serta kesejahteraan kelompok difabel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas