Tribun

Menteri BUMN Erick Thohir Dianggap Tokoh Muda yang Potensial

Hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) mencatat Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam 10 tokoh paling berpengaruh di pemerintahan Jokowi.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Menteri BUMN Erick Thohir Dianggap Tokoh Muda yang Potensial
ist
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara Hayu urang Ngamumule Budaya Karuhun di Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2022). Peneliti LPI Febri Wahyuni Sabran sebut berdasarkan hasil survei LPI, Menteri BUMN Erick Thohir termasuk salah satu dari 10 tokoh paling berpengaruh dalam pemerintahan Jokowi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) mencatat Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam kategori terbaik menurut pandangan kelas menengah intelektual terkait kinerja transformasi BUMN.

Adapun kinerja yang dimaksud, seperti reformasi garuda, merger sejumlah BUMN yang kurang profitable, dan terobosan Erick lainnya.

Erick Thohir pun dianggap sebagai tokoh muda potensial yang berpengaruh jalannya pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

"Erick Tohir termasuk salah satu dari 10 tokoh paling berpengaruh dalam pemerintahan Jokowi. Pak Erick berada di peringkat kelima dari 45 pimpinan lembaga dan para menteri dengan skor 2,38 dengan skala penilaian 0 sampai 4," kata Peneliti LPI Febri Wahyuni Sabran dalam acara rilis hasil survei di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Febri mengatakan Erick kuat pada indikator mempengaruhi internal untuk mempengaruhi kinerja dan perbaikan di kementerian BUMN.

Beberapa agenda yang dilakukan Erick Thohir antara lain, konsolidasi dan restrukturisasi BUMN yang diagendakan selesai pada tahun 2023, program ‘bersih-bersih’ (Good Clean Governance) BUMN.

Kemudian, pemetaan kluster dan model bisnis BUMN, pengembangan ekosistem dan kemitraan BUMN, hingga penyelamatan institusi BUMN dari efek domino pandemi Covid-19 yang dinilai secara bertahap dan terukur telah terimplementasikan.

Baca juga: Antisipasi Gangguan Suplai, BUMN Pupuk Ini Tambah Pengadaan Kalium Klorida dari Kanada

“Pak Erick berpotensi, sama halnya dengan Sandiaga Uno. Mereka layak untuk dijadikan teladan bagi generasi muda dalam hal berdemokrasi dan kepemimpinan politik. Erick adalah sosok menteri muda yang professional dan visioner," ujarnya.

Sementara, Direktur Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo yang hadir dalam acara tersebut, juga mengapresiasi Erick Thohir.

Karyono mengatakan Erick salah satu menteri yang berhasil melakukan terobosan besar dan selaras dengan visi misi Presiden Joko Widodo.

“Transformasi BUMN sudah nyata dan kita semua melihat pendapatan negara meningkat dari sektor BUMN. Ini jelas kemajuan yang signifikan dibandingkan masa lalu," ungkap Karyono.

Senada dengan itu, Pendiri LPI, sekaligus Analis Politik, Boni Hargens mengaku tidak terkejut dengan hasil survei tersebut.

Pasalnya, Erick Thohir memang salah satu menteri yang terdepan dalam melakukan terobosan organisatoris.

Baca juga: Menteri ESDM Jamin Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik di Kuartal IV 2022

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas