Tribun

Azyumardi Azra Meninggal Dunia

JK Kenang 10 Tahun Bersama Azyumardi Azra: Tak Banyak Orang Seperti Beliau

Kalla mengatakan dirinya sedih dan mengungkapkan bela sungkawa atas wafatnya Guru Besar UIN Jakarta ini.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in JK Kenang 10 Tahun Bersama Azyumardi Azra: Tak Banyak Orang Seperti Beliau
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Wakil Presiden RI 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) saat memberi keterangan seleps menghadiri prosesi upacara pemakaman Almarhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022) pagi. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI Periode 2014-2019, Jusuf Kalla (JK) datang dan turut serta mengikuti prosesi upacara pemakaman Almarhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022) pagi.

Ditemui selepas upacara pemakaman, Kalla mengatakan dirinya sedih dan mengungkapkan bela sungkawa atas wafatnya Guru Besar UIN Jakarta ini.

“Dalam kesempatan ini kami semua tentu merasa sedin dan juga bela sungkawa berpulangnya tokoh kita, tokoh ilmiah, tokoh masyarakat, tokoh ulama yang telah berbakti kepada bangsa sedemikian banyaknya,” kata Jusuf Kalla.

“Dan tentu kita harapkan kita selalu mendoakan akan arwah beliau di sisi Allah SWT di tempat yang tinggi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Jenazah Azyumardi Azra akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

JK lantas mengenang sosok almarhum saat dirinya masih bersama-sama.

Kata dia, Pak Azyumardi satu dekade menjadi staf Wakil Presiden.

Almarhum, kata dia, seringkali turut memberi saran, uraian hingga analisa terkait kemasyarakatan, sosial hingga keagamaan permasalahan negara yang baik untuk kepentingan negara.

“Tentu banyak sekali pengalamannya yang baik dengan dia, apalagi 10 tahun,” ujar Kalla.

Menurut JK, Almarhum Azyumardi merupakan guru besar, ahli sejarah, ahli keislaman.

Bahkan saat menjadi dewan pers, sosoknya begitu rajin menulis di media mainstream.

“Memberikan pandangan-pandangan yang baik pada masyarakat, jadi beragam kehalian beliau pengabdian beliau tidak banyak orang yang seperti itu. Para cendekiawan, akademisi kita yang hebat itu tidak banyak,” kata JK.

Untuk diketahui, iring-iringan jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Prosesi diawali pada sekira pukul 08.55 WIB, yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai inspektur upacara.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas