Tribun

Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Pejabat Negara Hadiri Upacara Pemakaman Azyumardi Azra di TMP Kalibata: Kapolri hingga Jusuf Kalla

Iring-iringan jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pejabat Negara Hadiri Upacara Pemakaman Azyumardi Azra di TMP Kalibata: Kapolri hingga Jusuf Kalla
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy memimpin upacara pemakaman jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pejabat negara turut menghadiri upacara pemakaman Almarhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022) pagi.

Pantauan Tribunnews.com di lokasi, iring-iringan jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Prosesi diawali pada sekira pukul 08.55 WIB, yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut, Muhadjir menyampaikan Apel Persada sebelum pemakaman dimulai.

"Saya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy, atas nama negara, bangsa, dan tentara nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi, jiwa, raga, dan jasa-jasa almarhum," kata Muhadjir Effendy, Selasa (20/9/2022).

Setelah peti diturunkan ke makam, pihak keluarga menaburkan bunga. Lalu, Muhadjir Effendy mengawali proses penutupan makam dengan tanah.

Baca juga: Kenang Prof Azyumardi Azra, Prabowo: Bangsa Kita Kehilangan Tokoh Nasional yang Besar

Setelah jenazah dimakamkan, Muhadjir Effendy memberikan penghormatan terakhir dan karangan bunga diikuti dengan pemberian bunga dari keluarga.

Prosesi diakhiri dengan doa oleh Imam Besar Istiqlal Nasruddin Umar.

Adapun pejabat yang hadir pada prosesi pemakaman di antaranya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang datang sekira pukul 08.24 WIB, disusul Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kemudian hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Anggota Komisi III DPR Arsul Sani dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Selain itu, terlihat juga Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan politikus senior Akbar Tandjung.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas