Tribun

Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Hari Ini, 21 September 2022: 27 Wilayah Terjadi Cuaca Ekstrem

Simak peringatan dini BMKG 21 September 2022, 27 wilayah berpotensi alami cuaca ekstrem, hujan lebat, kilat, hingga angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Miftah
zoom-in BMKG Peringatan Dini Hari Ini, 21 September 2022: 27 Wilayah Terjadi Cuaca Ekstrem
https://www.freepik.com/
Ilustrasi cuaca ekstrem - Simak peringatan dini BMKG 21 September 2022, 27 wilayah berpotensi alami cuaca ekstrem, hujan lebat, kilat, hingga angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak peringatan dini BMKG, inilah wilayah yang berpotensi alami cuaca ekstrem hari ini, 21 September 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa ada 27 wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat, kilat, dan angin kencang.

Dikutip dari bmkg.go.id, Sirkulasi Siklonik berada di Maluku yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Papua hingga Papua Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Sumatera Barat hingga Riau.

Selain itu di Bengkulu, di Belitung, di perairan sebelah timur Lampung, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di NTT, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Tengah bag utara hingga Kalimantan Utara, dari Teluk Bone hingga Teluk Tomini, di Laut Flores, di Gorontalo, serta daerah konfluensi terjadi di Selat Malaka.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Rabu 21 September 2022, BMKG: Bandung Hujan Ringan, Surabaya Cerah Berawan

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas