Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Irwan Hidayat Raih Lifetime Achievement Award 2022, IBF: Bapak Jamu Modern Indonesia

Penghargaan Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Direktur Sido Muncul adalah salah satu bagian penting dalam IBF.

BizzInsight
zoom-in Irwan Hidayat Raih Lifetime Achievement Award 2022, IBF: Bapak Jamu Modern Indonesia
Tribunnews.com/Bambang Ismoyo
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Award 2022, oleh Indonesia Brand Forum (IBF). 

TRIBUNNEWS.COM - Produk-produk Indonesia terus menunjukkan potensinya untuk bersaing dengan produk mancanegara.

Industri yang kian kompetitif serta banyaknya produk-produk mancanegara yang beredar di Indonesia menuntut para brand lokal untuk kerap menghadirkan inovasi, terutama agar dapat bersaing menembus pasar nasional, bahkan pasar global.

Di tengah ketatnya persaingan tersebut, berbagai keberhasilan serta inovasi yang dilakukan oleh brand lokal ini menjadi sesuatu yang perlu diapresiasi. Di balik sebuah kemajuan brand lokal, pastinya juga terdapat sosok-sosok yang mendorong keberhasilan tersebut.

Salah satunya adalah Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, yang dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Award 2022 oleh Indonesia Brand Forum (IBF) pada 20 September 2022.

Indonesia Brand Forum (IBF) sendiri merupakan wadah bagi para penggiat, pemerhati, dan pendorong brand-brand lokal agar dapat maju dan go global. IBF berkomitmen untuk menjadi panggung bagi brand-brand lokal serta mempromosikan inovasi yang mereka hadirkan untuk dapat bersaing dengan merek asing di Tanah Air.

Penghargaan Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Direktur Sido Muncul adalah salah satu bagian penting dalam IBF yang diselenggarakan setahun sekali. 

Founding Chairman IBF Yuswohady menjelaskan bahwa anugerah tersebut merupakan bentuk penghormatan IBF terhadap sosok-sosok yang memiliki kontribusi terhadap brand building di Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Apresiasi ini kami berikan kepada Pak Irwan, yang saya sebut sebagai bapak jamu modern di Indonesia karena dirinya mengangkat derajat atau membawa jamu menjadi naik kelas. Saya kira itu telah dilakukan dengan baik oleh Pak Irwan," papar Yuswohady.

Dalam 3-4 dekade terakhir, Irwan Hidayat dinilai sebagai sosok yang lekat dengan brand building dan mampu membangun sebuah brand lokal, dalam hal ini adalah produk-produk jamu Sido Muncul, yang kini populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga dapat melakukan ekspor ke mancanegara

“Kemampuan Pak Irwan Hidayat dalam membangun corporate brand Sido Muncul berikut sejumlah product brand-nya sehingga memiliki brand equity yang kuat di pasar merupakan sesuatu yang patut mendapat apresiasi. Terlebih, hal tersebut dilakukan secara konsisten, melewati tahun demi tahun, dan dikomunikasikan secara kreatif,” sambung Yuswohady.

Upaya Irwan Hidayat kembangkan Sido Muncul sebagai sebuah brand

ibf irwan hidayat 2
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Award 2022, oleh Indonesia Brand Forum (IBF).

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Award 2022, oleh Indonesia Brand Forum (IBF). (Tribunnews.com/Bambang Ismoyo)

Pada acara penganugerahan IBF di Balairung Soesilo Soedarman Jakarta, Selasa (20/9/2022), Irwan berbagi soal pengalamannya dalam membangun Sido Muncul sebagai sebuah brand.

Dalam perjalanannya bersama Sido Muncul, inovasi menjadi bagian penting dari langkah Irwan Hidayat dalam membangun brand jamu ini. Sejumlah inovasi tersebut dilakukan olehnya dari berbagai sisi, baik pengemasan (packaging), promosi, hingga inovasi bentuk dari produk jamu tersebut.

Menurutnya, terdapat tiga hal penting yang ia terapkan dalam melahirkan produk farmasi di Sido Muncul, yaitu harus rasional, aman, dan jujur. 

"Pertama harus rasional. Hal rasional yang saya lakukan misalnya produk Tolak Angin hanya untuk masuk angin, tidak untuk pegal linu ataupun penyakit lain. Harus rasional," ucap Irwan pada kesempatan tersebut.

"Kami juga melakukan uji toksisitas, sehingga membuktikan produk Sido Muncul tidak merusak organ tubuh kita asalkan diminumnya sesuai dengan ketentuan," sambungnya.

Pria kelahiran 23 April 1947 ini pun mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh IBF. Menurutnya, capaian serta keberhasilan brand building di Sido Muncul merupakan kerja keras bersama dari seluruh jajarannya.

“Penghargaan ini tentu saja sangat berarti dan menjadi sebuah pengakuan atas apa yang kami di Sido Muncul lakukan. Yang ingin kami tegaskan, produk-produk Sido Muncul yang merupakan warisan kearifan nenek moyang kita, sejatinya juga tak bisa kami hadirkan tanpa kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari pemasok, distributor, biro iklan, dan tentunya konsumen yang terus memberikan input-input berharga,” tuturnya.

“Jadi, sesungguhnya, penghargaan ini merupakan kemenangan untuk kita semua, dan pastinya juga brand-brand lokal yang terus mendukung kami agar bisa eksis di tengah persaingan yang makin ketat. Terima kasih untuk semua apresiasi yang diberikan tim IBF,” ujar Irwan.

Lebih lanjut, Irwan menyebut bahwa penghargaan yang diperolehnya ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Sido Muncul.

"Artinya apa? Produk-produk atau merek Sido Muncul seperti Tolak Angin, Kuku Bima, dan produk lain mendapatkan kepercayaan masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Bardjan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas