Tribun

Pilpres 2024

Megawati Merespon Pembentukan Dewan Kolonel untuk Dukung Puan Maharani Capres

Megawati kata dia, meminta para kader untuk mempersiapkan segala hal untuk menghadapi Pemilu 2024.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Megawati Merespon Pembentukan Dewan Kolonel untuk Dukung Puan Maharani Capres
Capture Youtube Tribunnews.com
Megawati Soekarnoputri. Megawati Merespon Pembentukan Dewan Kolonel untuk Dukung Puan Maharani Capres 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri turut merespons terkait pembentukan Dewan Kolonel oleh Fraksi PDIP.

Pembentukan Dewan Kolonel itu diketahui untuk mendukung putrinya yakni Puan Maharani jika ditunjuk oleh PDIP maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Respons Megawati itu sendiri disampaikan secara langsung oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat ditemui di Pondok Pesantren Mahasina, Jatiwaringin, Bekasi.

Terkait hal tersebut, Puan menyampaikan arahan dari Megawati selaku ketua umum partai kepada para kader. 

Megawati kata dia, meminta para kader untuk mempersiapkan segala hal untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Instruksi dari ibu Ketua Umum, adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024," kata Puan menyampaikan pesan Megawati Soekarno, saat ditemui Rabu (21/9/2022).

Kendati demikian, Puan tidak membeberkan secara detail perihal setuju atau tidaknya Megawati Soekarnoputri atas pembentukan Dewan Kolonel ini.

Sebab kata Puan, instruksi yang harus dilakukan para kader saat ini adalah melakukan blusukan dan bertemu dengan rakyat.

"Jadi (instruksinya, red) turun ke lapangan turun ke bawah untuk bertemu rakyat," tukas dia.

Diketahui, Beberapa anggota Fraksi PDIP membentuk tim bernamakan Dewan Kolonel untuk mendukung Puan Maharani dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca juga: PDIP Sebut Dewan Kolonel Dukung Puan Maharani Capres 2024 Hanya Guyonan

Inisiator nama Dewan Kolonel sekaligus anggota Fraksi PDIP Johan Budi menyatakan, dibentuknya tim tersebut untuk meningkatkan elektabilitas Puan sebagai Capres.

Ketua DPP Partai Demokrasi-Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani saat ditemui awak media di Pondok Pesantren Mahasina, Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (21/9/2022).
Ketua DPP Partai Demokrasi-Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani saat ditemui awak media di Pondok Pesantren Mahasina, Jatiwaringin, Bekasi, Rabu (21/9/2022). (Rizki Sandi Saputra)

Kendati begitu, Johan menyebut, Dewan Kolonel sejauh ini belum akan bergerak melakukan aktifitas sebelum Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk satu nama kader yang akan diusung oleh partai.

"Apa yang kita lakukan banyak hal. Ada posko tadi, kita bikin rapat rapat misalnya. Tapi belum ya, posko ada (untuk sekretariat, red) tapi kita belum gerak. Kita nunggu keputusan ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri)," kata Johan kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Kendati begitu, Johan memastikan Dewan Kolonel ini akan siap memberikan dukungan jika memang nantinya Puan Maharani yang ditunjuk oleh Megawati Soekarnoputri.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas