Tribun

Tokoh Nasional Hasto: Kompetitor Kita Adalah Bangsa Asing Bukan Anak Bangsa Sendiri

Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa sejarah tentang bagaimana api keislaman Proklamator RI Ir.Soekarno berusaha dihilangkan.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Tokoh Nasional Hasto: Kompetitor Kita Adalah Bangsa Asing Bukan Anak Bangsa Sendiri
Ist
Hasto Kristiyanto saat Silaturrahmi Nasional dan Kuliah Umum bertema “Api Islam, Nasionalisme dan Pancasila dalam Pemikiran Bung Karno” yang digelar di Aula Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, Jumat (23/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbicara di Provinsi Aceh, Tokoh Nasional Dr. Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa sejarah tentang bagaimana api keislaman Proklamator RI Ir.Soekarno berusaha dihilangkan.

Menurut Hasto, Bung Karno sangat mengagumi Aceh karena semangat patriotismenya dan tak mudah menyerah. 

Namun kedekatan itu berusaha diputus melalui isu-isu terkait agama.

“Pada 1965, Bung Karno mendapat gelar pendekar dan pembebas bangsa Islam. Kenapa tak ada di dokumen sejarah kita?” kata Hasto.

Hal itu disampaikan Hasto dalam Silaturrahmi Nasional dan Kuliah Umum bertema “Api Islam, Nasionalisme dan Pancasila dalam Pemikiran Bung Karno” yang digelar di Aula Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, Jumat (23/9/2022).

Lanjut Hasto, hal tersebut membuatnya melakukan penelitian soal geopolitik Soekarno lewat disertasinya di Universitas Pertahanan RI.

Dengan itu, Hasto ingin menunjukkan soal dasar Indonesia merdeka, dan bagaimana seharusnya orang Indonesia bergerak keluar (outward looking).

“Bahwa kompetitor kita adalah bangsa luar yang melakukan kolonialisme dan imperialisme, bukan melawan anak bangsa sendiri,” imbuhnya.

Hasto yang juga Sekjen PDIP ini menjelaskan bagaimana Bung Karno berguru tentang Islam pada sejumlah tokoh bangsa seperti Tuan Hasan dari Persis dan HOS Cokroaminoto.

Soekarno adalah seorang santri. Tapi Orde Baru mengaitkannya dengan 1965 dan komunisme.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas