Tribun

Jokowi: Tantangan Global Sektor Pariwisata Masih Banyak

Meskipun pandemi Covid-19 sudah mereda, menurut Presiden Jokowi, tantangan global yang dihadapi sektor pariwisata saat ini masih banyak.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jokowi: Tantangan Global Sektor Pariwisata Masih Banyak
Capture Youtube Setpres
Presiden Jokowi mengatakan meskipun pandemi Covid-19 sudah mereda tantangan global yang dihadapi sektor pariwisata saat ini masih banyak. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kebangkitan dunia pariwisata saat ini sudah mulai terasa.

Jumlah kedatangan wisatawan internasional ke Indonesia pada awal tahun ini mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun 2021.

“Pola yang sama juga terjadi di seluruh dunia. Ini menandakan bahwa konektivitas manusia sudah menunjukkan kebangkitan,” kata Jokowi dalam sambutan secara virtual acara puncak peringatan World Tourism Day ke-42 di Bali, Selasa, (27/9/2022).

Meskipun pandemi Covid-19 sudah mereda, menurut Jokowi, tantangan global yang dihadapi sektor pariwisata saat ini masih banyak.

Baca juga: Warga Baubau Curhat ke Jokowi Ingin Jaminkan Ijazah untuk Mendapatkan Modal

Mulai dari tingginya inflasi, kenaikan bahan bakar transportasi, konflik geopolitik yang belum selesai serta perubahan iklim yang semakin mempengaruhi semua lini kehidupan masyarakat.

“Semua tantangan itu harus dihadapi dengan kreativitas dengan inovasi dan kerjasama global,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Targetkan Penyaluran BLT BBM Rampung Akhir Tahun Ini

Kepala Negara menekankan pariwisata harus berorientasi kepada pertumbuhan ekonomi dunia yang inklusif dan berkelanjutan.

Pengembangan pariwisata juga harus berwawasan alam lingkungan dan berkelanjutan.

“Harus melestarikan budaya-budaya lokal dan harus melibatkan peran aktif masyarakat lokal,” pungkasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas