Tribun

Anggota DPR Kirim Bantuan ke Korban Gempa Bumi di Kabupaten Tapanuli Utara

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu juga turut menyampaikan doa agar kondisi di Tapanuli Utara segera pulih, sehingga masyarakat dapat kembali.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Anggota DPR Kirim Bantuan ke Korban Gempa Bumi di Kabupaten Tapanuli Utara
TRIBUN MEDAN
Sejumlah bangunan dan rumah warga ambruk di Desa Hutauruk Parjulu, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, akibat gempa bumi 6,0 SR yang terjadi Sabtu (1/10/2022). (Tribun Medan/Maurits Pardosi) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Martin Manurung mengirimkan bantuan tanggap bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Bantuan tanggap darurat berupa seribu paket sembako itu dikirimkan pada Minggu, 2 Oktober 2022 dan didistribusikan Tim Martin Manurung Centre (MMC) bersama DPD Partai NasDem Tapanuli Utara dan Anggota DPRD Tapanuli Utara Fraksi NasDem.

Bantuan disalurkan ke lima kecamatan terdampak di Tapanuli Utara, yaitu: wilayah Kecamatan Parmonangan, Siatas Barita, Tarutung, Sipoholon dan Pahae Jae.

“Semoga bantuan sembako tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang menjadi korban terdampak gempa bumi di Tapanuli Utara," kata Martin yang ditulis Senin (3/10/2022).

Baca juga: VIDEO Cerita Hermina Sihombing, Gempa Bumi Tapanuli Utara Sebabkan Dua Rumah dan Cateringnya Ambruk

Martin yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu juga turut menyampaikan doa agar kondisi di Tapanuli Utara segera pulih, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula.

“Semoga masyarakat di Tapanuli Utara dan sekitarnya, yang menjadi korban gempa bumi kemarin diberi kekuatan dan ketabahan. Bagi korban yang luka-luka, semoga segara pulih dan sehat,” ucapnya.

Martin pun mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada mengenai kemungkinan gempa susulan.

Sebab, berdasarkan laporan dari BMKG, Tapanuli Utara merupakan daerah rawan aktivitas pergeseran sesar besar yang merupakan penyebab gempa bumi.

Baca juga: Gempa Susulan Tapanuli Utara Terjadi Hingga 73 Kali, Ini Penjelasan Ahli Gempa

Kepala Desa Simorangkir Habinsaran, Kecamatan Siatas Barita, Hardi Saut Simorangkir menyampaikan terima kasih atas bantuan sembako yang diberikan Martin kepada warganya yang menjadi korban gempa.

"Kami berterima kasih kepada pak Martin Manurung yang telah memberikan kepeduliannya kepada masyarakat yang terkena gempa di Tapanuli Utara," ucap Hardi.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu, 1 Oktober 2022, Pukul 02.28 WIB.

Gempa Susulan 95

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan hingga Minggu (2/10/2022) pukul 09.00 WIB, tercatat terjadi 95 kali gempa susulan, usai gempa M 6,0 yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022).

"Berdasarkan hasil analisa per tanggal 2 Oktober 2022 pukul 09.00 wib, tercatat sudah ada 95 kejadian gempa bumi susulan," kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Hendro dalam keterangannya, Minggu.

Menurutnya, dri jumlah tersebut, delapan di antaranya bisa dirasakan.

"Dan berdasarkan hasil analisa kami, magnitudo gempa bumi susulan terbesar adalah M5,3 dan yang terkecil adalah M2,0," papar Hendro.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas