Tribun

Bursa Capres

Perjalanan NasDem Cari Capres 2024, dari Rakernas Usulkan Ganjar, Andika hingga Kini Pilih Anies

Perjalanan NasDem mencari capres 2024, dari Rakernas memilih kandidat Ganjar Pranowo, Andika Perkasa hingga kini berlabuh ke Anies Baswedan.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Perjalanan NasDem Cari Capres 2024, dari Rakernas Usulkan Ganjar, Andika hingga Kini Pilih Anies
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat pengumuman deklarasi Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Dalam artikel mengulas tentang perjalanan NasDem mencari capres 2024, dari Rakernas hingga kini pilih Anies Baswedan. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah dipilih Partai NasDem menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Anies merupakan satu di antara tiga nama yang sebelumnya dijadikan kandidat capres NasDem pada Rakernas beberapa waktu lalu.

Ketiga nama itu, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kini, dalam prosesnya, pilihan NasDem berlabuh ke Anies Baswedan.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan jadi Capres 2024 di Kantor DPP NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat pada Senin (3/10/2022).

"NasDem mencari yang terbaik dari yang terbaik, NasDem akhirnya melihat sosok Anies Baswedan. Kami (NasDem) mempunyai keyakinan dalam pikiran-pikiran prespektif secara makro dan mikro sejalan dengan apa yang kami yakini," kata Surya Paloh, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Sinyal PKS dan Demokrat Setelah NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024

Perjalanan NasDem Cari Capres 2024

1. NasDem Gelar Rakernas pada Juni 2022 dan Pilih 3 Nama Kandidat Capres

Beberapa bulan lalu, NasDem menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JCC Senayan.

Pada Jumat (17/6/2022) malam, NasDem pun mengumumkan tiga nama calon presiden (capres) saat penutupan Rakernas.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengatakan sudah ada tiga figur, yakni Anies, Ganjar, dan Andika yang dinilai memiliki kualifikasi sebagai capres NasDem.

Surya Paloh menilai dari ketiga kandidat capres 2024 merupakan pilihan kader-kader NasDem di Rakernas.

"Saya akan bacakan, penetapan rekomendasi bakal capres pada Pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo," katanya, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV.

Selanjutnya, Surya Paloh akan mengerucutkan tiga nama menjadi satu nama untuk diusung sebagai capres definitif.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Surya Paloh dalam acara deklarasi Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Surya Paloh dalam acara deklarasi Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). (Tangkap layar kanal YouTube NasDem TV)

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas