Tribun

Presiden Jokowi: Peliharalah Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Presiden Joko Widodo berpesan dalam peringatan HUT ke-77 TNI agar TNI terus memelihara kemanunggalan dengan rakyat.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Presiden Jokowi: Peliharalah Kemanunggalan TNI dengan Rakyat
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berpesan dalam peringatan HUT ke-77 TNI agar TNI terus memelihara kemanunggalan dengan rakyat.

"Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI akan kuat," kata Jokowi dalam upacara peringatan hari ulang tahun ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Dia mengatakan, pemerintah, masyarakat, bangsa, dan negara berharap besar akan kontribusi TNI.

Jokowi berpesan agar TNI terus memegang jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

Dia juga menyebut TNI harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta TNI Terus Tingkatkan Profesionalitas

"Bersikap dan bertindaklah secara profesional sesuai Pancasila dan UUD 1945, Sapta Marga dan sumpah prajurit," pesan Jokowi.

"Prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia," pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Wakil Presiden Maruf Amin dan dan istrinya, Wury Maruf Amin.

Rangkaian upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Baca juga: Presiden Jokowi: Selamat HUT ke-77 TNI

Pasukan upacara masuk ke dalam lapangan Istana Merdeka.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Kolonel Laut (PM) Erwin Kasirun sementara Perwira Upacara yakni Beigjen Novi Helmy Prasetya.

Tampak hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.
Adapun pasukan upacara terdiri dari 3 matra TNI, terdiri dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Presiden Jokowi beserta Wakil Presiden Maruf Amin masuk ke lokasi upacara sekitar pukul 07.56 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan kumandang lagu Indonesia Raya.

Sebanyak 72 unit alutsista TNI baik dari matra darat, laut, udara, Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), hingga Koopsus TNI dipamerkan dalam HUT TNI kali ini.

Baca juga: Jokowi Minta Tragedi Kanjuruhan Tuntas Kurang dari Satu Bulan, Aremania: 7 Hari Harus Ada Tersangka

Sebagian Alutsista akan mengikuti defile atau arak-arakan dari Monas menuju Bundaran HI.

Selain defile kendaraan tempur, peringatan HUT TNI juga akan dimeriahkan dengan aksi akrobatik pasukan pesawat tempur TNI AU yang bernama Jupiter. Aksi lainnya yakni fly pass pesawat F16 dan bendera raksasa yang akan dibawa okeh helikopter milik TNI.

Defile pasukan pada HUT ke-77 TNI ini diikuti oleh Drumband Secapaad, Peleton Kolone Senapan, Kompi PON TNI Gabungan, Kompi Koopssus TNI, Kompi TNI AD, Kompi TNI AL, Kompi TNI AU, serta Kompi PNS TNI dan Komcad.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas