Tribun

Berita terbaru Erick Thohir

First Jobber, Yuk Simak 5 Tips Lolos Seleksi Lowongan Kerja BUMN!

Ada beragam kiat lho agar kamu bisa lolos seleksi lowongan kerja di BUMN dan sukses bekerja di sana. Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Penulis: Nurfina Fitri Melina
Editor: Bardjan
zoom-in First Jobber, Yuk Simak 5 Tips Lolos Seleksi Lowongan Kerja BUMN!
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi tes ujian BUMN. 

TRIBUNNEWS.COM - Memang, sih, berkarier di perusahaan startup masih jadi impian banyak anak muda. Eits, tapi tahukah kamu kalau bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga masih jadi hal menggiurkan? Terutama buat para fresh graduate atau first jobber.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa bekerja di BUMN begitu diminati. Mulai dari tawaran gaji, tunjangan, dan remunerasi yang menggiurkan, fasilitas yang memadai, hingga rasa kebanggaan pribadi menjadi seorang karyawan BUMN.

Makanya, enggak heran kalau ada informasi lowongan kerja di perusahaan BUMN, banyak para pencari kerja yang berlomba-lomba melamar, tak terkecuali bagi generasi milenial dan generasi Z.

BUMN akan terus buka lapangan kerja untuk generasi muda

Kabar baik buat para fresh graduate yang bermimpi jadi pegawai BUMN! Menteri BUMN Erick Thohir juga mengungkapkan bahwa perusahaan BUMN akan terus membuka lapangan pekerjaan untuk generasi muda Indonesia, baik melalui rekrutmen maupun melalui berbagai program lainnya.

"BUMN terus membuka lapangan pekerjaan. Bukan hanya melalui rekrutmen, juga melalui berbagai program," ujar Erick Thohir dikutip dari akun instagram pribadinya @erickthohir.

Komitmen Erick Thohir ini juga pernah ditunjukan saat meluncurkan program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, di mana program ini membuka 2.700 lowongan kerja di lebih dari 50 perusahaan pelat merah untuk lulusan Diploma, S1 hingga S2.

Menurut menteri berusia 52 tahun ini, transformasi sebuah usaha itu harus berkelanjutan. Karena itu, tambahnya, sejak awal BUMN ingin ada leadership muda.

"Sebenarnya perekrutan BUMN itu bagian dari strategi besar, jumlah daripada milenial BUMN yang melek teknologi kita harus dorong sampai 20 persen," jelas Erick.

Nah, mengingat tahapan rekrutmen BUMN cukup ketat, ada beragam kiat lho agar kamu bisa lolos seleksi lowongan kerja di BUMN dan sukses bekerja di sana. Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

1) Punya leadership

Kalau kamu ingin tembus seleksi pegawai BUMN, salah satu hal pertama yang harus kamu miliki adalah kepemimpinan. Sebab, seorang pegawai yang baik tentu adalah pemimpin yang baik juga, dong!

Menurut Erick Thohir, pemimpin harus bisa meninggalkan kepentingan pribadi atau egonya, dan berfokus untuk melayani kebutuhan masyarakat. Nah, untuk itu, pastikan kamu bisa memimpin diri sendiri dan tim dengan baik.

Melansir Tribunnews, Erick juga menyebutkan jika seorang pemimpin harus memiliki karakter dalam menjalankan amanahnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas