Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AKBP Ferli Hidayat Sempat Usul Jadwal Arema VS Persebaya Diubah, Broadcaster Tetap Minta Malam Hari

AKBP Ferli Hidayat ternyata sempat usul pada LIB agar mengubah jadwal laga Arema FC Vs Persebaya. Indosiar disebut tetap minta malam hari.

Penulis: Miftah Salis
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in AKBP Ferli Hidayat Sempat Usul Jadwal Arema VS Persebaya Diubah, Broadcaster Tetap Minta Malam Hari
SURYA/PURWANTO
Sejumlah suporter berdoa di depan pintu masuk tribun 12 Stadion Kanjuruhan pascakerusuhan yang menelan banyak korban jiwa, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022)- AKBP Ferli Hidayat ternyata sempat usul pada LIB agar mengubah jadwal laga Arema FC Vs Persebaya. Indosiar disebut tetap minta malam hari. 

TRIBUNNEWS.COM- AKBP Ferli Hidayat, mantan Kapolres Malang yang saat tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) masih menjabat, ternyata sempat usul pada PT Liga Indonesia Baru (LIB) agar mengubah jadwal laga Arema FC Vs Persebaya.

Namun, TGIPF mengungkap bahwa PT LIB tak merespon dengan baik.

Indosiar selaku broadcaster pun disebut tetap meminta agar pertandingan digelar pada malam hari.




Tragedi Kanjuruhan yang memakan 132 korban jiwa kini terus diselidiki.

Pihak kepolisian juga telah menetapkan enam tersangka atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang tersebut.

Gas air mata yang dilontarkan ke penonton diduga menjadi salah satu penyebab tragedi tersebut.

Pelaksanaan pertandingan yang digelar pada malam hari juga menjadi perhatian.

Baca juga: Komnas HAM Kantongi Video Penyebab Tragedi Kanjuruhan, akan Umumkan Hasil Investigasi Siang Ini

BERITA TERKAIT

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengungkap, AKBP Ferli Hidayat yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Malang ternyata sempat mengusulkan agar PT LIB mengubah jam pertandingan menjadi sore hari.

Alasannya yakni karena faktor keamanan.

Namun, PT LIB disebut tidak merespon baik usulan dari AKBP Ferli Hidayat.

Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Letjen TNI (Purn) Doni Monardo mendatangi dan meninjau lokasi jatuhnya banyak korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Doni Monardo menyampaikan temuan bahwa pintu stadion ada yang terkunci saat peristiwa tragedi Kanjuruhan terjadi, Sabtu (1/10/2022). SURYA/PURWANTO
Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Letjen TNI (Purn) Doni Monardo mendatangi dan meninjau lokasi jatuhnya banyak korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022). Doni Monardo menyampaikan temuan bahwa pintu stadion ada yang terkunci saat peristiwa tragedi Kanjuruhan terjadi, Sabtu (1/10/2022). SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)

“Jadi ada komunikasi antara PT LIB dengan Kapolres Malang, di mana Kapolres Malang meminta perubahan jam dengan alasan yang paling penting adalah soal keamanan, tapi itu tidak direspons dengan baik,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di Kantor Kemenko Polukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022) malam, mengutip Kompas.com.

Anam menduga bahwa ada faktor structural PT LIB yang sangat kuat dalam tragedi tersebut.

“Bau strukturalnya sangat kuat dari pihak LIB,” kata Anam.

Sementara itu, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan mengatakan bahwa pihak broadcaster yakni Indosiar meminta PT LIB agar pertandingan Arema FC melawan Persebaya tetap digelar pada malam hari.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas