Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

6 Tersangka Hanya Orang di Lapangan, Siapa Aktor di Balik Tragedi Kanjuruhan ?

Tragedi Kanjuruhan bukan kerusuhan, tetapi aksi kekerasan berlebihan yang sengaja oleh polisi dan TNI secara terstruktur dan sitematis.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 6 Tersangka Hanya Orang di Lapangan, Siapa Aktor di Balik Tragedi Kanjuruhan ?
Kolase Tribunnews
Kolase foto Presiden Jokowi, Menko Polhukam sekaligus Ketua TGIPF Mahfud MD dan aksi tabur bunga hingga menyalakan 1000 lilin untuk Tragedi Kanjuruhan. tragedi Kanjuruhan bukan kerusuhan, tetapi aksi kekerasan berlebihan yang sengaja oleh polisi dan TNI secara terstruktur dan sitematis, siapa dalangnya ? 

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Siapa aktor di balik tragedi Kanjuruhan hingga saat ini belum terungkap.

Meski polisi telah menetapkan enam tersangka terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang.

Keenam tersangka itu merupakan aktor di lapangan, seperti Panitia Penyelenggara (Panpel), dan aparat kepolisian.

"Aremania dan keluarga korban gelisah karena orang yang dihukum hanya orang-orang di lapangan. Siapa aktor di balik ini? Siapa yang harus bertanggung jawab?" ucap Andi Irfan, Sekjen Federasi KontraS kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (15/10/2022).

Lebih lanjut, Tim Gabungan Aremania (TGA) dan KontraS menilai tragedi Kanjuruhan dilakukan secara sistematis dan struktural.

TGA telah menghimpun keterangan dari korban, keluarga korban, Panpel, petugas keamanan, manajemen Arema FC, ahli kesehatan dan forensik, dan sebagainya.

Andi Irfan menegaskan tragedi Kanjuruhan bukan kerusuhan, tetapi aksi kekerasan berlebihan yang sengaja oleh polisi dan TNI secara terstruktur dan sitematis.

BERITA REKOMENDASI

Dalam video viral  yang beredar, ada perwira polisi yang memberi komando untuk menembakkan gas air mata ke arah tribun.

"Bentuk kekerasan yang paling mematikan adalah penembakan gas air mata oleh personil Brimob dan Sabhara yang diduga kuat di bawah perintah perwira di lapangan. Diduga perintah itu di bawah kontrol perwira tertinggi di wilayah Polda Jatim," terangnya.

Baca juga: KontraS Yakin Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Akibat Tembakan Gas Air Mata

TGA menganggap tindakan aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan menunjukkan serangan yang meluas atau sistematik oleh aparat keamanan kepada warga sipil.

"Sejak awal aparat sudah dipersenjatai. Komnas HAM harus menyelidiki ini lebih dalam," ujarnya.

TGA minta Div Propam Polri memeriksa personel di lapangan secara menyeluruh, termasuk perwira polisi yang bertanggung jawab dan Kapolda Jatim saat itu.

"Kapolda Jatim saat itu harus bertanggung jawab. Di bawahnya juga diperiksa. Pasal yang didakwakan merupakan pasal kelalaian. Kalau berhenti di situ, tragedi Kanjuruhan akan banyak ditutupi," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul KontraS: Siapa Aktor di Balik Tragedi Kanjuruhan?

Sumber: Surya Malang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas