Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala BSKDN : Perlu Sinergi Hadapi Berita Bohong di Era Keterbukaan Informasi

Upaya tersebut membutuhkan kerja bersama, baik pemerintah, lembaga penyiaran publik, pengusaha, akademis, media massa

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Kepala BSKDN : Perlu Sinergi Hadapi Berita Bohong di Era Keterbukaan Informasi
Istimewa
Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto mengajak seluruh pihak bersinergi menghadapi berita bohong di era keterbukaan informasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto mengajak seluruh pihak bersinergi menghadapi berita bohong di era keterbukaan informasi.

Menurutnya, upaya tersebut membutuhkan kerja bersama, baik pemerintah, lembaga penyiaran publik, pengusaha, akademis, media massa, masyarakat, dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Bayu Sutjiatmo: Jangan Membuat Konten Yang Menghina Dan Menyebarkan Berita Bohong

Ini disampaikan Eko saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IV Persatuan Radio Televisi Publik Daerah Seluruh Indonesia Tahun 2022. Mukernas tersebut diselenggarakan di Bandungan, Kabupaten Semarang belum lama ini.

Eko menuturkan, di era keterbukan informasi banyak berita bohong yang bertebaran. Kondisi ini membutuhkan upaya untuk menangkal sekaligus menghadapinya.

“Berita-berita yang tidak benar ini mari kita tangkal bersama melalui kegiatan-kegiatan positif di antara kita,” ujar Eko.

Dia menjelaskan, tak ada satu bangsa pun yang mampu membendung kemajuan peradaban, termasuk di bidang teknologi informasi.

Baca juga: Kemenkominfo Minta Insan Pesantren Aktif Mencegah Penyebaran Berita Bohong di Media Sosial

BERITA TERKAIT

Karena itu, upaya untuk menyaring berbagai informasi perlu dilakukan. Hal ini perlu dilakukan, terlebih komunikasi dan informasi merupakan urusan wajib non-pelayanan dasar.

Eko mengatakan, ketahanan informasi perlu diwujudkan yang ditandai dengan kemampuan untuk menyaring berbagai berita yang tidak benar.

Langkah ini dapat dilakukan melalui berbagai inovasi untuk mewujudkan ketahanan tersebut.

"Hal ini bisa dilakukan dengan mereplikasi inovasi yang dilakukan daerah lainnya dalam mewujudkan ketahanan informasi," katanya.

Eko mengapresiasi Mukernas tersebut.

Dirinya berharap, Mukernas tersebut mampu menghasilkan berbagai langkah strategis dalam menghadapi era keterbukaan informasi.

Baca juga: BSKDN Kemendagri Usung 6 Daerah Jadi Percontohan Inovasi

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengamini pentingnya edukasi untuk melawan hoaks atau berita bohong.

Ganjar berharap, setiap radio dapat mengedukasi pendengarnya agar mampu membedakan berita hoaks dengan berita yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Terus saya sepakat tadi, bagaimana kita harus melawan hoaks dengan edukasi, yang berikutnya kita butuh new hero Bapak/Ibu, new hero itu bukan orang-orang terkenal tapi tokoh di tempat Bapak Ibu sekalian yang dia berbuat sangat konkret, real, untuk kemanusiaan bangsa dan negara, angkat, ceritakan dan kita siarkan dalam bentuk multiplatform dan kemudian kita akan gemakan seluruh Indonesia," tutur Ganjar.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas