Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bertemu Menteri Nadiem, Kepsek Penggerak Curhat Masalah Guru Honorer hingga Kurikulum Merdeka

Nadiem Anwar Makarim mendapat sejumlah keluh kesah dari para kepala sekolah dan guru penggerak di Pontianak Kalimantan Barat

Penulis: Dodi Esvandi
zoom-in Bertemu Menteri Nadiem, Kepsek Penggerak Curhat Masalah Guru Honorer hingga Kurikulum Merdeka
Tribunnews.com/Dodi Esvandi
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mendengar keluh kesah dari para kepala sekolah dan guru penggerak saat dirinya berkunjung ke SD Negeri 28 Pontianak Utara, Senin (24/10/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dodi Esvandi

TRIBUNNEWS.COM PONTIANAK - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mendapat sejumlah keluh kesah dari para kepala sekolah dan guru penggerak di Pontianak Kalimantan Barat.

Mulai dari persoalan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan rekrutmen PPPK, hingga implementasi Permendikbudristek terkait penugasan Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah.

Keluh kesah itu mereka sampaikan kepada Nadiem saat Mendikbudristek berkunjung ke SD Negeri 28 Pontianak Utara, Senin (24/10/2022).

Soal PPPK seorang, seorang kepala sekolah menyorot formasi PPPK dan rekrutmen PPPK yang diharapkan dari pusat.

Ia berharap formasi PPPK yang diusulkan pusat sejalan dengan yang diajukan di daerah masing-masing.

"Saat ini kita nggak bisa ajukan formasi lalu dapat posisi. Lagi kerja sama pemda sama KemenpanRB agar isu guru honorer ini lebih mulus penyelesaiannya. Jadi guru honorer tidak usah pindah sekolah (di formasi sekolah lain), jadi (formasi di sekolahnya sendiri) enggak usah diambil (guru) yang lain," ata Nadiem menjawab pertanyaan tu.

BERITA TERKAIT

Sementara kepala sekolah lain menyoal soal linearitas guru mata pelajaran untuk menjadi guru kelas, sebab bukan lulusan Pendidikan Guru SD (PGSD).

Nadiem mengaku senang bisa mendengar langsung keluh kesah dari para kepala sekolah dan guru penggerak itu.

Baca juga: Nadiem Makarim: Kemendikbudristek Bakal Perkuat Kemampuan Siswa Vokasi di Bidang Fesyen

"Hari ini kami bersyukur mendengar langsung bahwa berbagai program dan kebijakan yang kami upayakan selama ini mulai dirasakan dampak positifnya," kata Nadiem Makarim usai berdialog dengan para Kepala Sekolah Penggerak di SD Negeri 28 Pontianak Utara.

"Tadi, dalam pertemuan dengan Bapak Gubernur, Bapak Wali Kota, dan Bapak Bupati kami mendapatkan dukungan dan masukan atas program-program Merdeka Belajar. Ini penting sekali untuk terus kita kawal bersama," imbuhnya.

Ada banyak banyak masukan berharga dari para kepala sekolah dan guru kepada Nadiem.

"Kami mendapat banyak masukan, misalnya soal penyederhanaan proses administrasi agar tidak memberatkan guru, masukan terkait rekrutmen PPPK, tentang penyempurnaan Platform Merdeka Mengajar, dan implementasi Permendikbudristek terkait penugasan Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah," kata Nadiem.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Makarim Datangi MTsN 19, Beri Bingkisan Pada Kepala Sekolah

Semua masukan tersebut, kata Nadiem akan dicermati dan menjadi bahan evaluasi guna perbaikan program Merdeka Belajar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas