Tribun

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Pemerintah akan Renovasi Stadion Kanjuruhan, Ini Bagian yang Dirombak

Pemerintak akan merenovasi Stadion Kanjuruhan, Malang pada awal 2023. Renovasi dilakukan sesuai standarisasi FIFA dan hasil audit Tim Evaluasi Teknis.

Penulis: Enggar Kusuma Wardani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Pemerintah akan Renovasi Stadion Kanjuruhan, Ini Bagian yang Dirombak
SURYA/PURWANTO
Kondisi Stadion Kanjuruhan di hari ke 19 pasca Tragedi Kanjuruhan, Rabu (19/10/2022). Presiden Joko Widodo akan merobohkan Stadion Kanjuruhan untuk dibangun kembali sesuai standar FIFA. - Proses renovasi Stadion Kanjuruhan akan dilakukan oleh Kementerian PUPR pada awal 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah berencana akan merenovasi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Menurut Presiden Joko Widodo, Stadion Kanjuruhan nantinya akan dirobohkan total dan dibangun kembali sesuai standarisasi FIFA.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan nantinya Stadion Kanjuruhan bakal dibangun seperti Stadion Manahan, Solo yang dibangun dengan standarisasi FIFA.

“Stadion Kanjuruhan sebagaimana arahan Presiden, itu setelah diaudit Menteri PU, kemudian itu akan dirubuhkan dan akan dibangun baru yang nanti hasilnya akan standar FIFA.

"Minimal kalau mau lihat kira-kira seperti Manahan, itu standar FIFA,” kata Menpora Amali pada Rabu (19/10/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

Dikutip dari Indonesia Baik, renovasi Stadion Kanjuruhan akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan rencananya akan dimulai pada awal 2023.

Baca juga: Komnas HAM Harap Desain Stadion Kanjuruhan yang Baru Cerminkan Spirit Perubahan

Kementerian PUPR berharap proses pengerjaan redesain Stadion Kanjuruhan dapat diselesaikan antara 3 sampai 4 bulan dan dilanjutkan dengan pekerjaan fisik.

Proses renovasi akan dilakukan sesuai dengan rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan.

Adapun rekomendasi Tim Audit untuk renovasi Stadion Kanjuruhan adalah sebagai berikut:

1. Tangga-tangga Tribun

Tangga- tangga pada tribun Stadion Kanjuruhan menjadi hasi evaluasi untuk dilakukan renovasi.

Perbaikan tangga-tangga tribun ini akan difokuskan untuk tribun ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton.

2. Pintu Stadion

Pintu stadion Stadion Kanjuruhan akan direnovasi, sebab tidak ada jarak dengan anak tangga.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas