Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arab Saudi Cabut Syarat Vaksin Meningitis, Kemenag Bakal Koordinasi dengan Kemenkes

Pemerintah Arab Saudi tidak lagi menetapkan vaksinasi meningitis sebagai syarat bagi jemaah umrah, termasuk jemaah umrah Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Arab Saudi Cabut Syarat Vaksin Meningitis, Kemenag Bakal Koordinasi dengan Kemenkes
Tribunnews.com/Aji Bramasta
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Hilman Latief menyikapi soal syarat vaksinasi meningitis bagi jemaah umrah. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi tidak lagi menetapkan vaksinasi meningitis sebagai syarat bagi jemaah umrah, termasuk jemaah umrah Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Pelaksanaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Hilman mengatakan penetapan ketentuan vaksin bagi jemaah umrah merupakan domain dari Kementerian Kesehatan.

"Sekarang kita cek aja kebijakan saudi yang baru itu memang harus direspon. Tentu responnya antar lembaga. Insya allah kami dengan Kemenkes segera koordinasi," ucap Hilman di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (26/10/2022).

Hilman mengatakan Pemerintah pada dasarnya berupaya melindungi jemaah haji Indonesia.

Baca juga: Arab Saudi Bebaskan Jamaah Umrah Indonesia dari Aturan Vaksin Meningitis

Regulasi yang dibuat, kata Hilman, berupaya mengimbangi antara perlindungan kesehatan dan kemudahan para jemaah.

BERITA TERKAIT

"Di satu sisi kita ingin melindungi jemaaj bahwa mereka itu diberikan kemudahan, di lain sisi kesehatan juga harus diproteksi kan," kata Hilman.

"Jadi kita ingin masuk ke isu yang bukan hanya tdk ada vaksin, atau ada vaksin. Saudi-nya iya, tapi kemudian jemaah kita perlu diproteksi," tambah Hilman.

Baca juga: Warga Jawa Barat Sudah Bisa Mendapatkan Vaksin Meningitis, Calon Penerima Harus Daftar

Sebelumnya,Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah menegaskan bahwa vaksinasi meningitis bukan syarat wajib bagi jemaah umrah, termasuk jemaah umrah Indonesia.

Hal itu ia tegaskan ketika menjawab pertanyaan awak media setelah bertemu dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Senin (24/10/2022) siang.

"Yang terkait tentang jemaah umrah, tidak ada ikatan dengan syarat-syarat kesehatan, tidak ada juga yang terkait dengan umur. Semua diterima untuk bisa datang ke Arab Saudi," ungkap Tawfiq.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas