Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahasiswa yang Menyelesaikan Studi di Tengah Pandemi Dinilai Sukses Hadapi 2 Pelajaran Kehidupan

Mahasiswa yang menyelesaikan studi di tengah pandemi Covid-19 dinilai telah belajar dan sukses menghadapi dua pelajaran penting.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Mahasiswa yang Menyelesaikan Studi di Tengah Pandemi Dinilai Sukses Hadapi 2 Pelajaran Kehidupan
Istimewa
Rektor Swiss German University (SGU) Dr rer nat Filiana Santoso menyampaikan sambutan saat wisuda sarjana untuk jenjang S1 dan S2 di Jakarta belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahasiswa yang menyelesaikan studi di tengah pandemi Covid-19 dinilai telah belajar dan sukses menghadapi dua pelajaran penting dalam kehidupan.

Rektor Swiss German University (SGU), Dr rer nat Filiana Santoso mengatakan, mahasiswa yang baru lulus atau menjalani perkuliahan di tengah pandemi memperoleh pelajaran penting.

"Kalian sukses menghadapi dua pelajaran penting kehidupan yakni mampu menghadapi ketidakpastian serta mampu menunjukkan kemampuannya untuk menjadi tangguh," kata Filiana dalam acara wisuda 259 mahasiswa di Jakarta dalam keterangan yang diterima, Jumat (28/10/2022).

259 mahasiswa yang diwisuda tersebut terdiri dari 74 lulusan Magister dan 185 lulusan Sarjana.

Mereka berasal dari tiga fakultas yakni Fakultas Engineering & Information Technology, Business and Communication, Life Science & Technology dan program Master Degree.

Baca juga: Pandemi Melandai, 1.548 Mahasiswa UEU Jalani Wisuda Tatap Muka

Filiana menilai, mahasiswa yang pernah mengikuti proses belajar mengajar di tengah pandemi dan dinyatakan lulus menjadi menjadi sekelompok orang yang luar biasa karena berhasil menyelesaikan studi di tengah pandemi yang kini lewat.

BERITA REKOMENDASI

Rektor berharap, ke depannya wisudawan SGU akan menjadi pemimpin muda yang dapat berkontribusi untuk masa depan Indonesia yang cerah, mempunyai kemampuan untuk mengubah pengetahuan dan keterampilan menjadi sesuatu yang berharga, serta dapat menerapkan nilai-nilai yang diusung oleh SGU yaitu Resilient, Adaptive, Proaktive, Integrity, Discipline, and Social Care.

Ditambahkannya, Swiss German University telah menerima Dana Pendamping Kedaireka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2 tahun berturut-turut.

Baca juga: UI Wisuda 8.300 Mahasiswa, Ketua MWA Saleh Husin Ingatkan Jaga Nama Baik Almamater

Tahun lalu kami menerima Rp 1,5 miliar untuk 3 proyek, sedangkan tahun ini kami menerima Rp 2,2 miliar untuk 8 proyek.

Dana tersebut sebagian besar digunakan untuk memelihara keberlanjutan usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Tangerang, serta untuk mendukung kegiatan dan pengembangan proyek Kedaireka lainnya.

Tahun ini SGU juga menerima Program Kompetisi Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, sebesar Rp 1,8 miliar.

"Dengan menerima dana ini, kita terdorong untuk meningkatkan kualitas lulusan, dosen, kurikulum dan sistem pendukung pembelajaran dan kelembagaan. Selain itu, SGU juga menerima dana hibah penelitian dari lembaga yang sama sebesar Rp 873 juta untuk 5 penelitian," katanya.

Meski dalam keadaan sulit di pascapandemi, Swiss German University tetap berusaha untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan tetap berkomitmen menjaga Tri Dharma dengan semangat dan motivasi tinggi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas