Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kuat Ma'ruf Bantah Keterangan Vera Simanjuntak soal Ancam Bunuh Brigadir J, Lalu Diperingatkan Hakim

Kuat Ma'ruf tampak membantah telah mengatakan akan membunuh Brigadir J kalau naik ke lantai dua, rumah di Magelang,

Penulis: garudea prabawati
Editor: Daryono
zoom-in Kuat Ma'ruf Bantah Keterangan Vera Simanjuntak soal Ancam Bunuh Brigadir J, Lalu Diperingatkan Hakim
Tribunnews/Jeprima
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kuat Maruf, menjalani sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Terdakwa pembunuhan berencana pada Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J), Kuat Ma'ruf membantah keterangan dari Vera Simanjuntak.

Di mana seperti diketahui Vera Simanjuntak serta keluarga besar Brigadir J menjadi saksi di persidangan terdakwa Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal (RR).

Dalam kasus tersebut Bripka RR dan Kuat Ma’ruf didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di rumah dinas Polri yang terletak di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Juli 2022.

Atas perbuatannya tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP dengan hukuman 20 tahun penjara atau maksimal hukuman mati.

Di persidangan lanjutan, setelah para saksi memberikan keterangan, Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa mempersilahkan Kuat Ma'ruf memberikan tanggapan.

Kuat Ma'ruf menangis saat ibu Brigadir J, Rosti Simanjutak menanggapi keterlibatan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo itu dalam tewasnya Brigadir J. Hal ini terjadi saat di tengah persidangan, Rabu (3/11/2022) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.
Kuat Ma'ruf menangis saat ibu Brigadir J, Rosti Simanjutak menanggapi keterlibatan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo itu dalam tewasnya Brigadir J. Hal ini terjadi saat di tengah persidangan, Rabu (3/11/2022) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. (YouTube Kompas TV)

Baca juga: Bantah Ucapan Susi, Kuasa Hukum Tegaskan Kuat Maruf Tak Punya Masalah dengan Brigadir Yosua

"Saudara Kuat, bagaimana atas keterangan saksi-saksi ini apakah saudara mengerti ataukah semua keterangan saksi benar atau ada sebagian salah, atau semua salah, sebagian benar atau saudara tidak tahu sama sekali?" tanya Hakim Wahyu Imam Santosa kepada Kuat Ma'ruf, dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Rabu (2/11/2022).

"Ada yang tidak tahu, ada yang benar, ada yang salah," jawab Kuat.

BERITA TERKAIT

Lantas Kuat Ma'ruf menyanggah keterangan Vera Simanjuntak yang menyebut ada ancaman jika Brigadir J naik ke lantai 2 di rumah Magelang.

Kuat  menyebut dirinya tidak pernah mengancam Brigadir J.

"Yang salah, Mbak Vera, ada (kata-kata) 'kalau naik aku bunuh', karena tidak ada bahasa seperti itu waktu kejadian itu," jawab Kuat.

Namun seusai sopir pribadi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi tersebut memberikan sanggahan, Hakim Wahyu Imam Santosa justru memberikan peringatan.

Hakim Wahyu Imam Santosa mengatakan bahwa Vera Simanjuntak tidak pernah secara langsung menyebut nama Kuat Ma'ruf.

"Begini Itu tadi kan saksi Vera menjelaskan tidak menyebutkan siapa, saksi Vera hanya menceritakan korban (Brigadir J) bercerita dan dia diberi ancaman apabila kamu naik maka akan kubunuh," katanya.

Mendengar jawaban Hakim, Kuat Ma'ruf pun mengiyakan.

Momen Pilu Ibunda Brigadir J, Menunduk saat Lihat Jenazah Anak, hingga Cerita Belum Mampu Buat Rumah

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas