Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BRIN: Riset Harus Hasilkan Inovasi untuk Pembangunan di Daerah

Kepala Brinda Provinsi Bali I Made Gunaja menilai riset dan inovasi harus mampu berkontribusi untuk pembangunan di daerah.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in BRIN: Riset Harus Hasilkan Inovasi untuk Pembangunan di Daerah
Istimewa
Kegiatan Indonesia Inventors Day 2022 di Gedung Widya Sabha, Universitas Udayana, Bali. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRINDA) Provinsi Bali I Made Gunaja menilai riset dan inovasi harus mampu berkontribusi untuk pembangunan di daerah.

Pusat riset dan inovasi, kata I Made Gunaja, harus terintegrasi agar menghasilkan pembaruan dalam pembangunan.

"Riset dan inovasi daerah ke depannya akan didorong menjadi Center of Excellent untuk terwujudnya pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi, yakni sebagai pusat riset dan inovasi terintegrasi yang mampu menghasilkan pembaruan dan penemuan baru," tutur I Made Gunaja melalui keterangan tertulis, Jumat (4/11/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh I Made Gunaja dalam ajang pameran dan kompetisi Inovasi International “Indonesia Inventors Day 2022” di Gedung Widya Sabha, Universitas Udayana, Bali yang digelar Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).

Baca juga: Peneliti BRIN Sebut Elektabilitas Golkar Modal Penting Pencalonan Airlangga di Pilpres 2024

Ketua INNOPA, Erricha Insan Pratisi, mengatakan pihaknya berupaya menciptakan produk inovasi dan mempertemukaan para inovator muda dari berbagai negara.

Erricha mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memberikan kesempatan kepada para inovator muda berkolaborasi dengan periset yang ada di BRIN agar mematangkan produknya melalui sistem inkubasi.

BERITA TERKAIT

"Acara ini juga diharapkan dapat menginisiasi proses hilirisasi dari berbagai produk-produk inovasi buatan inovator muda anak bangsa," ucap Erricha.

Baca juga: BRIN: Waspadai Dapil Tak Cerminkan Representasi Beragam

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Univeritas Udayana, Ngakan Putu Gede Suardana, mengatakan langkah ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi dari berbagai riset dan pameran produk-produk unggulan.

"Diharapkan acara Indonesia Inventors Day dapat terselenggarakan setiap tahun nya di Universitas Udayana serta hasil riset dosen juga bisa dipamaerkan maupun di kompetisikan dalam kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari peserta karena disini pasti akan terjadi sharing pengetahuan untuk kita bersama," ujar Ngakan Putu Gede Suardana

Penyelenggaraan Indonesia Inventors Day 2022 yang dilakukan secara hybrid diikuti oleh 352 karya inovasi yang ditampilkan dari 32 negara, serta 7 negara yang hadir secara fisik yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Kazakhstan, Mesir dan Palestina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas